Detail Cantuman

Analisis Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) Dan Biaya Operasional Per Pendapatan Oprasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Bank UOB Indonesia TBK.

Analisis Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) Dan Biaya Operasional Per Pendapatan Oprasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Bank UOB Indonesia TBK.


VEBY PUTRI KANIA, Analisis Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Bank UOB Indonesia Tbk. (Di bawah bimbingan : Hj. Lenny Komala Dewi).
Posisi atau kondisi Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Return On Asset (ROA) Pada PT Bank UOB
Indonesia Tbk, mengalami fluktuasi selama sembilan periode penelitian dari laporan keuangan tahunan Desember 2007 – Desember 2015.
Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang berhubungan dengan LDR dan BOPO pada PT Bank UOB Indonesia Tbk, sehingga diperoleh gambaran tentang pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap variabel dependen ROA.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pendekatan deskriptif digunakan dalam
menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul dalam bentuk tabel dan grafik. Pendekatan verifikatif bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Selain itu, dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian hipotesis yang dibuat dengan menggunakan suatu perhitungan statistik. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang telah diolah oleh perusahaan lalu dipublikasikan kepada masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi LDR dengan rata-rata 93,6% dan BOPO engan rata-rata 78,6% masih dibawah batas aman yang ditetapkan BI.
Sedangkan ROA dengan rata-rata 2,4% melampaui batas yang ditetapkan BI. Hubungan simultan antara LDR dan BOPO dengan ROA sangat kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,981. Secara simultan LDR dan BOPO berpengaruh signifikan terhadap ROA. Hal ini dilihat dari uji hipotesis simultan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Namun secara parsial variabel LDR berpengaruh non signifikan terhadap ROA. Hasil penelitian memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.962 atau 96,2% hal itu menunjukkan bahwa besarnya pengaruh secara simultan variabel independen terhaap variabel dependen adalah 96,2%, sisanya 3,8% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa bukan hanya LDR dan BOPO yang mempengaruhi ROA pad PT Bank UOB Indonesia Tbk.
Kata Kunci: Loan To Deposit Ratio, Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional, Return On Asset.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Veby Putri Kania - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2017017
Subyek Manajemen Perbankan
Klasifikasi 332.1
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik


Citation

. (2017).Analisis Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) Dan Biaya Operasional Per Pendapatan Oprasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Bank UOB Indonesia TBK..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd