Detail Cantuman

Analisis Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017)

Analisis Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017)


TRI UTARI HANDAYANI, Analisis Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional/Beban Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017) (dibawah bimbingan: Ibu Hj. Elly Rusmalia H).
Salah satu ukuran untuk menilai tingkat kesehatan atau kinerja profitabilitas suatu bank yaitu Return On Asset (ROA). Tingkat Return On Assets (ROA) digunakan untuk mengukur profitabilitas bank dan memfokuskan pada kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dalam operasinya, Bank Indonesia menetapkan besar minimal Return On Asset (ROA ) yaitu 1,5%. Namun Return On Asset (ROA) pada Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017 mengalami fluktuasi dengan kecenderungan menurun bahkan berada di bawah ketentuan Bank Indonesia. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional/Beban Operasional (BOPO) dan Net Inteterest Margin (NIM) terhadap Return On Asset (ROA).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Jenis data berupa data sekunder yang bersumber dari www.idx.co.id. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Return On Asset (ROA) cenderung menurun dengan rata-rata sebesar -0,55% 2) Non Performing Loan (NPL) cenderung meningkat dengan rata-rata sebesar 4,11% 3) Biaya Operasional/Beban Operasional (BOPO) cenderung meningkat dengan rata-rata sebesar 106,05% 4) Net Inteterest Margin (NIM) cenderung meningkat dengan rata-rata sebesar 4,05% 5) Non Performing Loan (NPL) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan kontribusi pengaruh sebesar 55% 6) Biaya Operasional/Beban Operasional (BOPO) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan kontribusi pengaruh sebesar 96% 7) Net Inteterest Margin (NIM) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan kontribusi pengaruh sebesar 19% 8) Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional/Beban Operasional (BOPO) dan Net Inteterest Margin (NIM) memberikan pengaruh simultan (bersama-sama) sebesar 97,3% secara signifikan terhadap Return On Asset (ROA) sedangkan sisanya sebesar 2,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
Kata Kunci: Non Performing Loan (NPL),Biaya Operasional/Beban Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM) dan Return On Asset (ROA


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Tri Utami - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2019015
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2019).Analisis Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd