Detail Cantuman

Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan BI Rate Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017)

Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan BI Rate Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017)


IRFAN MAULANA, Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan BI Rate Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi Pada Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013- 2017) (dibawah bimbingan : Ibu Hj. Elly Rusmalia H).
Untuk dapat mengetahui keadaan finansial bank pada saat ini, masa lalu maupun memproyeksikan kondisi bank di masa mendatang dapat dilakukan dengan analisis rasio keuangan. Rasio yang digunakan untuk mengukur profitabilitas dalam penelitian ini adalah Return On Assets (ROA). Bank Indonesia menetapkan besar minimal Return On Assets (ROA) yaitu 1.5%. Namun Return On Asset (ROA) pada Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013- 2017 mengalami fluktuasi dengan kecenderungan menurun bahkan berada di bawah ketentuan Bank Indonesia. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan BI Rate terhadap Return On Asset (ROA).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Dengan jenis data sekunder yang bersumber dari www.idx.co.id dan www.bi.go.id. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Return On Asset (ROA) dengan kecenderungan menurun dan memiliki rata-rata sebesar -0,55% (2) Capital
Adequacy Ratio (CAR) dengan kecenderungan meningkat dan memiliki rata-rata sebesar 16,98% (3) Loan to Deposit Ratio (LDR) dengan kecenderungan menurun dan memiliki rata-rata sebesar 86,83% (4) BI Rate dengan kecenderungan menurun dan memiliki rata-rata sebesar 6,42% (5) Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan kontribusi
pengaruh sebesar 1% (6) Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan kontribusi pengaruh sebesar 4% (7) BI Rate tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan kontribusi pengaruh sebesar 1% (8) Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan BI Rate secara simultan (bersama-sama) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan kontribusi pengaruh sebesar 5,7% sedangkan sisanya sebesar 94,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), BI Rate dan Return On Asset (ROA)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Irfan Maulana - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2019014
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2019).Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan BI Rate Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd