Detail Cantuman

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Dengan Intervening Kebijakan Dividen (Studi Pada PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.)

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Dengan Intervening Kebijakan Dividen (Studi Pada PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.)


LARAS FAWZIA PUSPONUGROHO, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Dengan Intervening Kebijakan Dividen (Studi Pada PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.) (dibawah bimbingan: Hj. Erna Herlinawati)
Setiap investor yang akan menanamkan investasinya, terlebih dahulu akan melihat nilai perusahaan yang salah satunya diukur dengan menggunakan Price to Book Value (PBV). Demikian pula dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. yang menjadi subjek penelitian dimana pada periode pengamatan 2010-2017 nilai perusahaannya cenderung menurun yang diduga disebabkan oleh variabel Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Return On Asset (ROA), Sales Growth (SG) dan Dividend Payout Ratio (DPR).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Return On Asset (ROA), Sales Growth (SG) yang diintervening oleh Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Price Book Value (PBV). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif melalui analisis jalur. Jenis data sekunder yang bersumber dari www.idx.co.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan analisis deskriptif
rata-rata PBV (Y), DPR (X6), CR (X1), DER (X2), TATO (X3), ROA (X4), dan SG (X5) sebesar 2,31%, negatif 0,28%, 61,80%, 2,70%, 90,37%, 1,99%, dan 13%. 2) Berdasarkan analisis verifikatif secara parsial CR (X1), TATO (X3), ROA (X4), dan SG (X5) berpengaruh signifikan terhadap PBV (Y), sedangkan DER (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV (Y). 3) Secara parsial CR, DER, TATO, ROA, dan SG tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR. 4) Berdasarkan analisis verifikatif secara simultan CR (X1), DER (X2), TATO (X3), ROA (X4), dan SG (X5) berpengaruh signifikan terhadap PBV (Y). 5) Secara simultan CR (X1), DER (X2), TATO (X3), ROA (X4), dan SG (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR (X6). 6) Variabel CR (X1), DER (X2), dan ROA (X4) berpengaruh tidak langsung melalui DPR (X6) sebesar 4,2%, 1,4%, dan 7,1% terhadap PBV (Y).
Kata Kunci : Price to Book Value (PBV), Dividend Payout Ratio (DPR), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Return On Asset (ROA), dan Sales Growth (SG).


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Laras Fawzia Pusponugroho - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2019010
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2019).Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Dengan Intervening Kebijakan Dividen (Studi Pada PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd