Detail Cantuman

Analisis Faktor – Faktor yang Memperngaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif dengan Intervening Kebijakan Dividen (Studi Pada PT Selamat Sempurna Tbk. periode 2010-2017)

Analisis Faktor – Faktor yang Memperngaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif dengan Intervening Kebijakan Dividen (Studi Pada PT Selamat Sempurna Tbk. periode 2010-2017)


YULIFAN ADYTIA, Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan manufaktur sektor otomotif dengan intervening kebijakan dividen studi pada PT Selamat Sempurna Tbk. Periode 2010-2017 (dibawah bimbingan: Hj. Erna Herlinawati)
Investor akan menanamkan investasinya akan melihat perkembangan nilai perusahaan yang salah satunya diukur dengan PBV demikian pula dengan PT Selamat Sempurna Tbk. yang menjadi subjek penelitian dimana pada periode pengamanatan 2010-2017 nilai perusahaannya fluktuatif cenderung meningkat tetapi pada akhir periode 2017 menurun drastis yang diduga disebabkan oleh variabel Current Ratio (CR) yang cenderung meningkat, Debt to Equity Ratio (DER) yang menurun, Total Assets Turnover (TATO) yang meningkat, Return on Assets (ROA) yang cenderung meningkat, dan Sales Growth.(SG) cenderung menurun.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, Return on Assets, dan Sales Growth dengan intervening oleh Dividend Payout Ratio terhadap Price Book Value. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif melalui analisis jalur. Jenis data sekunder yang bersumber dari www.idx.co.id.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata Price Book Value 3,82 cenderung meningkat , Dividend Payout Ratio 72,13% cenderung menurun,Current Ratio 243,11% cenderung meningkat, Debt to Equity Ratio 48,12% cenderung menurun, Total Assets Turnover 141,37% cenderung meningkat, Return on Asset 18,15% cenderung meningkat, dan Sales Growth 12,06% cenderung menurun. 2) bedasarkan analisis verifikatif secara parsial variabel CR, DER, TATO, ROA, dan SG tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV. 3) berdasarkan analisis verifikatif secara parsial ROA berpengaruh signifikan terhadap PBV sedangkan CR, DER, TATO dan SG tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR. 4) bedasarkan analisis verifikatif secara simultan variabel CR, DER, TATO, ROA, dan SG berpengaruh tidak signifikan terhadap PBV. 5) Secara simultan variabel CR, DER, TATO, ROA dan SG berpengaruh tidak signifikan terhadap DPR. 6) Variabel CR, DER, dan ROA berpengaruh tidak langsung melalui DPR sebesar 3,3%, 6,6% dan 0,03% terhadap PBV.
Kata Kunci : Price Book Value (PBV), Dividend Payout Ratio (DPR), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Return on Asset (ROA), dan Sales Growth (SG)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yulifan Adytia - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2019009
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2019).Analisis Faktor – Faktor yang Memperngaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif dengan Intervening Kebijakan Dividen (Studi Pada PT Selamat Sempurna Tbk. periode 2010-2017).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd