Detail Cantuman

Analisis Komperatif Return Saham Trading Volume Activity dan Bid-Ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012- 2016)

Analisis Komperatif Return Saham Trading Volume Activity dan Bid-Ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012- 2016)


ERI JULIAWATI, Analisis Komparatif Return Saham Trading Volume Activity dan Bid Ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016) (di bawah bimbingan : Riyandi Nur Sumawidjaja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya perbedaan return saham sebelum dan sesudah stock split ; 2) adanya perbedaan trading volume activity sebelum dan sesudah stock split; 3) adanya perbedaan bid-ask spread
sebelum dan sesudah stock split. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan stock split periode waktu 2012-2016.
Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel 56 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji beda dua rata-rata dengan periode pengamatan adalah 10 hari dan 20 hari yaitu t = -5 (5 hari sebelum stock split)dan t = +5 (5 hari setelah stock split) dan t = -10 (10 hari sebelum stock split) dan t = +10 (10 hari setelah stock split). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t paired sample t-test dengan nilai Asymp. Significance 2-tailed α < 5%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara Return Saham, Trading Volume Activity dan Bid-Ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan anatara satu dengan variabel lain. Penelitian verifikatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua variabel atau lebih.
Hasil Penelitian ini menuntukan bahwa (1) Nilai Rata-Rata Return Saham 5 hari sebesar 0.995 sebelum stock split dan 0.841 sesudah stock split sedangakan 10 hari sebesar 0.858 sebelum stock split dan 0.662 sesudah stock split. (2) Nilai Rata- Rata Trading Volume Activity 5 hari sebelum stock split sebesar 0.745 dan sesudah stock split sebesar 0.878 seangkan 10 hari sebelum stock split sebesar 0.748 dan sesudah stock split sebesar 0.386 (3) Nilai Rata-Rata Bid-Ask Spread 5 hari sebelum stock split sebesar 0.988 dan sesudah stock split sebesar 0.539 sdangkan 10 hari sebelum stock split sebesar 0.947 dan setelah stock split sebesar 0.581. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan nilai return saham trading volume activity dan bid-ask spread antara 5 dan 10 hari sebelum dan sesudah pengumuman stock split. Hal ini menunjukkan bahwa stock split tidak berpengaruh terhadap likuiditas dan tingkat keuntungan saham dalam jangka pendek.
Kata kunci: stock split, return saham, trading volume activity, bid-ask spread.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Eri Juliawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2018109
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2018).Analisis Komperatif Return Saham Trading Volume Activity dan Bid-Ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012- 2016).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd