Detail Cantuman

PENGARUH LEVERAGE, KONDISI KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAANTERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN(Studi pada Perusahaan Textile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ”

PENGARUH LEVERAGE, KONDISI KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAANTERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN(Studi pada Perusahaan Textile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ”


Kemampuan manajemen dalam mengelola perusahaan sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Jika perusahaan mengalami permasalahan keuangan (financial distress), maka akan berpengaruh pada kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini tentu akan mempengaruhi opini yang diberikan oleh auditor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis pengaruh leverage, kondisi keuangan dan pertumbuhan perusahaan terhadap Opini Audit Going Concern pada perusahaan textile yang terdaftar di bei tahun 2012 – juni 2015. Objek penelitian ini yaitu Leverage, Kondisi Keuangan dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern. Sedangkan yang dijadikan perusahaan yang dianalisis adalah Perusahaan Textile yang terdaftar di BEI dengan data keuangan tahun 2012 sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Perusahaan textile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memiliki leverage rata-rata -0.26, artinya secara umum rata-rata perusahaan textile memiliki nilai equitas minus atau semua asset perusahaan dibiayai oleh modal luar atau dengan kata lain hutang saat ini tidak dijamin oleh satu rupiah pun dari modal sendiri perusahaan. Kondisi Keuangan perusahaan textile yang terdaftar di BEI, memiliki Zscore maksimal sebesar 1.45 dan Z Score rata-rata sebesar 0.67, artinya maka rata-rata perusahaan textile yang diteliti berada pada kondisi bangkrut (karena memiliki score dibawah 2.99. Kondisi pertumbuhan perusahaan textile yang terdaftar di BEI, rata-rata pertumbuhan untuk semua sampel yang diteliti sebesar 0.07%, hal ini menunjukan tingkat pertumbuhan perusahaan secara rata-rata berada dalam kondisi positive growth walaupun tidak signifikan. Kondisi Opini Audit Going Concer perusahaan textile yang terdaftar di BEI, memiliki nilai rata-rata 3.45 atau nilai diatas 2 yang menunjukan bahwa rata-rata perusahaan tidak mendapatkan opini going concern. Secara Parsial Pengaruh leverage terhadap Opini Audit Going Concern signifikan dengan nilai korelasi sebesar 26.9%. Secara Parsial Pengaruh Kondisi Keuangan terhadap Opini Audit Going Concern tidak signifikan dan mempunyai nilai korelasi sebesar -0.3%. Secara Parsial pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap Opini Audit Going Concern cukup signifikan dengan nilai korelasi sebesar 43.3%. pertumbuhan memiliki nilai korelasi yang paling tinggi dibandingkan dengan lain yang diteliti. Pengaruh secara simultan dari leverage, kondisi keuangan dan pertumbuhan perusahaan terhadap Opini Audit Going Concern pada perusahaan textile yang terdapat di Bursa Efek Indonesia, sebesar 69.9%. hal ini berarti pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 30.1%.
Kata Kunci : Leverage, Kondisi Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan, Opini Audit Going Concern


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab DONNY INDRAWAN
Pengarang INDRAWAN, DONNY - Personal Name
Edisi
No. Panggil ETM2016012
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2016).PENGARUH LEVERAGE, KONDISI KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAANTERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN(Studi pada Perusahaan Textile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ”.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd