Detail Cantuman

Pengaruh Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT. PINDAD (Persero)

Pengaruh Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT. PINDAD (Persero)


RUSIDA FEBRIANA, Pengaruh Penerapan Enterprise Resources Planningv(ERP) Terhadap Profitabilitas Perusahaan pada PT Pindad (Persero) yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 517 Bandung (Di bawah bimbingan : Hj. Devyanthi Sjarif).
ERP merupakan suatu sistem yang mengintegrasikan seluruh aspek aktivitas organisasi ke dalam suatu sistem informasi akuntansi. PT Pindad (Persero) khususnya menerapkan ERP sejak tahun 2012. Adapun maksud dan tujuan dari implementasi ERP adalah untuk memperbaiki proses bisnis PT Pindad (Persero) yang memadukan antara karakteristik (kekhasan) bisnis PT Pindad (Persero) dengan best practice yang tersedia pada paket sistem SAP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Dan data yang digunakan adalah data primer, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 40 responden. Untuk mengukur besarnya pengaruh kedua variabel digunakan Methods of Successive Internal (MSI), Analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (Uji t).
Hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan sebagai berikut : Implementasi ERP pada PT Pindad (Persero) sejauh ini sudah dilaksanakan dengan
cukup baik, hal ini ditunjukan dengan hasil pengolahan data yang berada pada posisi skor 788, 716, dan 705 dengan nilai ideal interval 1000-1200. Hasil analisis data menunjukkan hubungan yang berpengaruh positif, antara ERP dengan OPM, ROA, dan ROE dengan masing-masing kontribusi sebesar 37,7%, 31,2%, dan 23,9%. dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Sedangkan ERP terhadap TATO tidak memiliki hubungan pengaruh yang signifikan karena kontribusi determinasinya hanya sebesar 5.5%. Dari analisis MSI, regresi, korelasi, determinasi dan uji t dapat disimpulkan bahwa Variabel Penerapan ERP cukup memiliki pengaruh terhadap Variabel Profitabilitas Perusahaan.
Kata Kunci : Penerapan Enterprise Resources Planning (ERP) dan Profitabilitas Perusahaan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rusida Febriana - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2015036
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2015).Pengaruh Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT. PINDAD (Persero).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd