Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Terhadap Kualitas Informasi Penjualan Pada PT Central Bandung Raya
Faisal Rahman, Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Terhadap Kualitas Informasi Penjualan PT Central Bandung Raya (Dibawah
bimbingan Ibu Hj. Ita Kumaratih, Dra., Ak., M.Si )
Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis. Sistem informasi akuntansi penjualan kredit merupakan sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan dan memproses bisnis. Dengan sistem akuntansi yang baik, penilaian terhadap penjualan kredit akan menjadi suatu sarana untuk memberikan informasi yang dapat digunakan dalam evaluasi perusahaan serta sebagai alat untuk pengendalian intern yang baik. Perusahaan dituntut untuk mampu menerapkan kebijakan akuntansi perusahaan dengan baik agar dapat memberikan informasi yang akurat guna kelancaran aktivitas perusahaan. Dalam penelitian ini secara khusus akan dibahas mengenai Sistem Informasi Akuntansi, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi
akuntansi penjualan kredit terhadap kualitas informasi penjualan pada PT Central Bandung Raya.
Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah deskriptif analisis yang bersifat kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder,
Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Untuk mengukur besarnya pengaruh kedua variabel digunakan analisis koefisiensi korelasi Product Moment ,Alpha Croanbach ,Koefisiensi Koefisien Korelasi dan Determinasi serta pengujian hipotesis.
Hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan sebagai berikut: Tanggapan responden tentang Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit
(Variabel X) termasuk kategori ”baik” karena besarnya skornya diantara 2142 sampai dengan 2646. (2)Tanggapan responden tentang Kualitas Informasi
Penjualan (Variabel Y) termasuk kategori baik karena besarnya skornya diantara 918 sampai dengan 1134.(3) Berdasarkan hasil koefisiensi korelasi yang disajikan maka koefisiensi korelasi yang disajikan maka koefisiensi korelasi sebesar 0,526 menunjukan adanya hubungan yang “erat” antara Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit (Variabel X) dengan Kualitas Informasi Penjualan (Variabel Y).
Berdasarkan hasil penelitian dampak Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit berpengaruh terhadap Kualitas Informasi Penjualan dengan besaran persentase 27,7%, sedangkan sisanya sebesar 72,3% merupakan pengaruh dari faktor lainnya yang tidak dapat diamati di dalam penelitian ini seperti Term of payment (ketentuan pembayaran yang dibuat oleh supplier/vendor kepada pelanggan), Jangka waktu antara penjualan dan penagihan, Faktor kompetisi perusahaan, karakteristik perusahaan; Serta kebijakan-kebijakan akan pengendalian perusahaan (promosi dan iklan).
Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit, Kualitas Informasi Penjualan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Faisal Rahman - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESA2015029 |
Subyek |
Sistem Informasi Akuntansi
|
Klasifikasi |
657.1 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2015 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2015).Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Terhadap Kualitas Informasi Penjualan Pada PT Central Bandung Raya.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd