Detail Cantuman

Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kapal Api Pada PT Santos Jaya Abadi Cabang Bandung

Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kapal Api Pada PT Santos Jaya Abadi Cabang Bandung


WILLI HANDOKO SILABAN, Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kapal Api Pada PT Santos Jaya Abadi Cabang Bandung (Dibawah bimbingan : LENNY KOMALADEWI).
Persaingan industri bisnis kopi sudah semakin ketat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya para kompetitor yang semakin bermunculan dan saling
menawarkan kelebihannya. Bauran Promosi dalam marketing merupakan suatu alat yang digunakan perusahaan untuk mencapai target marketing dalam pasar. Kopi Kapal Api merupakan produk kopi yang menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan 5 (lima) unsur bauran promosi yang terdiri dari Periklanan, Penjualan perorangan, Promosi penjualan, Publisitas, dan Pemasaran langsung yang kompetitif. Variasi rasa yang disukai konsumen, harga yang terjangkau semua kalangan, ketersediaannya yang merata hampir di seluruh pelosok, serta strategi promosi yang edukatif dan kreatif mampu menarik konsumen dengan baik sehingga meraih market share sebesar 44,0 % pada tahun 2006 dan 44,3% pada tahun 2007.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus dengan jenis data primer dan sekunder yang diperoleh dari laporan dan data-data yang telah
tersedia dan didokumentasikan oleh perusahaan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara kuantitatif melalui analisis koefisien korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Melalui analisis tersebut penulis mencoba memecahkan masalah dengan mengumpulkan, menyajikan, mendeskripsikan dan menganalisis data pada kasus tersebut secara sistematis, dan faktual, sehingga dapat menjelaskan mengenai objek yang diteliti dan pada akhirnya menarik kesimpulan berdasarkan penelitian dan analisis yang telah dilakukan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan : Pertama, Bauran promosi PT Santos Jaya Abadi menurut responden/konsumen termasuk kategori sedang
karena berada pada interval 1.301 – 1.700, dengan skor kenyataan 1.569 dari skor harapan 2.500 atau kesesuaian antara kinerja dengan harapan sebesar 62,76%. Dengan demikian bauran promosi PT Santos Jaya Abadi tergolong sedang. Kedua, Keputusan pembelian konsumen pada PT Santos Jaya Abadi termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 1.701 – 2.100, dengan skor kenyataan 1.727 dari skor harapan 2.500 atau kesesuaian antara kinerja dengan harapan sebesar 69,80%. Sehingga keputusan pembelian konsumen pada PT Santos Jaya Abadi tergolong tinggi. Ketiga, Hasil korelasi (rs) menunjukkan sebesar 0,60 artinya hubungan antara bauran promosi dengan keputusan pembelian konsumen pada PT Santos Jaya Abadi Cabang Bandung adalah kuat karena berada pada interval 0,60 – 0,799. Hubungannya juga positif dan searah, artinya apabila pelaksanaan bauran promosi ditingkatkan maka keputusan pembelian konsumen juga akan meningkat. Besarnya pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Santos Jaya Abadi Cabang Bandung adalah sebesar 36,00% dan sisanya sebesar 64,00% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.
Kata Kunci : Bauran Promosi, Keputusan Pembelian.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Willi Handoko Silaban - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2015072
Subyek Manajemen Pemasaran
Klasifikasi 658.81
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik


Citation

. (2015).Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kapal Api Pada PT Santos Jaya Abadi Cabang Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd