Detail Cantuman

Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua

Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua


ARIS PERMANA, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan merek Aqua (Penelitian Pada Konsumen Toko Alfamart, Toko Kelontong Mario dan Pelanggan Depo Air Isi Ulang Zahra Tech 2 di wilayah JL. Babakan Sari I
Kiaracondong Bandung). Dibawah bimbingan : ELLY RUSMALIA HUSEIN.
Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merk Aqua merupakan produk air mineral yang menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur bauran
pemasaran seperti kualitas produk, harga dan promosi yang kompetitif. Differensiasi produk Aqua yang disukai konsumen, harga yang terjangkau semua
kalangan, ketersediaannya yang merata hampir di seluruh pelosok, serta strategi promosi yang edukatif dan kreatif mampu menarik konsumen dengan baik
sehingga meraih market share sebesar 91,04 % pada tahun 2012 dan 92,7% pada tahun 2013..
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus dengan jenis data primer dan sekunder yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner,
wawancara dan hasil pengumpulan data perusahaan atau dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif melalui analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 20.0 For Windows kemudian dilakukan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan : Pertama, Aspek kualitas produk termasuk kategori baik dengan skor kenyataan 593 dari skor harapan 750
atau kesesuaian kinerja perusahaan dengan harapan konsumen sebesar 79,06%. Kedua, Aspek harga termasuk kategori baik dengan skor kenyataan 611 dari skor harapan 750 atau kesesuaian kinerja perusahaan dengan harapan konsumen sebesar 81,46%. Ketiga, Aspek promosi termasuk kategori baik dengan skor kenyataan 602 dari skor harapan 750 atau kesesuaian kinerja perusahaan dengan harapan konsumen sebesar 80,26%. Keempat, Keputusan pembelian konsumen produk AMDK Aqua termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 1.701 – 2.100, dengan skor kenyataan 1.727 dari skor harapan 2.500 atau kesesuaian antara kinerja dengan harapan sebesar 78,48%. Sehingga keputusan pembelian konsumen produk AMDK Aqua tergolong tinggi. Kelima, Hasil Pengujian secara parsial diperoleh bahwa variabel parsial variabel kualitas produk (X1), harga (X2), dan promosi (X3) memiliki hubungan yang kuat terhadap keputusan pembelian, dimana variabel promosi (X3) memiliki hubungan yang paling kuat. Sedangkan pengujian secara simultan diketahui bahwa terdapat hubungan antara kualitas produk (X1), harga (X2), dan promosi (X3) dengan keputusan pembelian (Y) Hasil korelasi ganda menunjukkan nilai F hitung sebesar 162,292. Sedangkan F tabel (α = 0.05 ; db regresi = 3 : db residual = 46) adalah sebesar 2,81. Karena F hitung > F tabel yaitu 162,292 > 2,81 maka model analisis regresi adalah signifikan. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel terikat (keputusan pembelian) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel beba yang terdiri dari : variabel kualitas produk (X1), harga (X2), dan promosi (X3).
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Aris Permana - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2015040
Subyek Manajemen Pemasaran
Klasifikasi 658.81
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik


Citation

. (2015).Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd