Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Produk Kredit Guna Bakti (Studi Kasus Bank bjb Tamansari)
IQBAL FAUZAN, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Produk Kredit Guna Bakti pada bank bjb Tamansari Bandung”. (Dibawah bimbingan Hj. Erna Herlinawati).
Produk kredit Guna Bakti merupakan produk kredit yang memiliki jumlah debitur terbanyak di bandingkan beberapa kredit lainnya, tetapi dengan perkembangan jumlah debitur yang menurun dari bulan Januari-Maret 2015. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa minat beli konsumen kredit Guna
Bakti mengalami penurunan. Hal ini kemungkinan salah satunya disebabkan pelaksanaan bauran pemasaran yang kurang opt imal . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran bank (product, price, promotion, place, people, proses dan physical evidence) terhadap minat beli.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif melalui survey. Jenis data yang diperlukan adalah primer yang diperoleh melalui kuesioner. Sedangkan data pendukung berupa data sekunder diperoleh melalui berbagai dokumen yang berhubungan dengan objek penelitian. Kuesioner
disebarkan kepada 210 responden yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil atau pensiunan yang berusia 20 – 60 tahun dan belum mengunakan kredit guna bakti sebelumnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode judgemental sampling. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif frekuensi untuk mengolah profil responden, analisis faktor untuk menguji validitas dan analisi regresi untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pelaksanaan bauran pemasaran (product, price, promotion, place, people, Process dan Physical evidence) pada
bank bjb termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 3,941. (2) Minat beli konsumen pada bank bjb khususnya untuk produk Kredit Guna Bakti termasuk
kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,255. (3) Variabel bauran pemasaran bank bjb mempengaruhi minat beli produk kredit guna bakti sebesar 36,3%. Terdapat tiga dimensi dari bauran pemasaran yang dapat mempengaruhi minat beli yaitu, product (produk) sebesar 4,7%, promotion 17,1%, (promosi) dan process (proses) 14,4%, sedangkan untuk price (harga), place (tempat), people (orang) dan physical evidence (bukti fisik) tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap minat beli. Dimensi yang paling besar mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk kredit guna bakti adalah promotion.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Minat Beli
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | Iqbal Fauzan - Personal Name |
Edisi | |
No. Panggil | ESM2015031 |
Subyek | Manajemen Pemasaran |
Klasifikasi | 658.81 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | English |
Penerbit | STIE INABA |
Tahun Terbit | 2015 |
Tempat Terbit | BANDUNG |
Deskripsi Fisik | 21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
Citation