Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung)
MEI RANTI, Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusa pembelian (Survei pada Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung) (Di bawah bimbingan : H. Ismi Iswandi,).
Persaingan yang ketat di bisnis ritel menuntut bisnis ritel domestik untuk dikelola secara profesional agar mampu bersaing dalam melayani konsumen, oleh karena itu diperlukan strategi jitu untuk merebut hati konsumen dengan memperhatikan kualitas pelayanan, promosi dan keputusan pembelian konsumen.
Kualitas pelayanan dan promosi sangat penting dalam persaingan bisnis ritel guna mencapai hasil penjualan yang memuaskan, dapat dilihat dalam laporan hasil penjualan Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung bahwa dalam laporan hasil penjualannya terdapat penurunan yang signifikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian di Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survey dan explanatory. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner kepada 45 responden. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling. Untuk mengukur besarnya pengaruh kedua variabel digunakan Analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan sebagai berikut : (1)Kualitas pelayanan Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung berada dalam kategori baik, dengan persentase total skor jawaban responden pada variabel kualitas pelayanan sebesar 77,1% berada di antara interval 60-80. (2)Promosi
Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung berada dalam kategori baik, dengan persentase sebesar 76,9% berada di antara interval 60-80. (3)Keputusan pembelian Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung dalam kategori baik, dengan persentase sebesar 75,5% berada di antara interval 60-80. (4)Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sangat rendah, dikatakan sangat rendah karena nilai korelasi sebesar 0,078 berada pada interval 0,00-0,199. (5)Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sangat kuat, dikatakan sangat kuat karena nilai korelasi sebesar 0,874 berada pada interval 0,80-0,1000. (6)Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian sangat kuat dengan koefisien korelasi 0,881, dan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah 77,7%. Kesimpulan berdasarkan hasil SPSS 16.0 for windows dapat diperoleh koefisien determinasi, yaitu sebesar 0,777 ini berarti bahwa secara parsial kualitas
pelayanan (X1), promosi (X2) berperan dalam proses keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 77,7% sedangkan sisanya sebesar 22,3% dipengaruhi oleh factor faktor lain yang tidak diteliti seperti: product, price, place, process, people. Dengan demikian dapat dikatakan kualitas pelayanan dan promos tetap
mempunyai peranan dalam proses keputusa pembelian.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi dan Keputusan Pembelian
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Mei Ranti - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2016066 |
Subyek |
Manajemen Pemasaran
|
Klasifikasi |
658.81 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2016 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2016).Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Indomaret Kebaktian Baru Kota Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd