Detail Cantuman

Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Komunikasi Sebelum dan Setelah Melakukan Merger serta Pengaruhnya terhadap Cash Flow (Studi pada PT Smartfren Telecom Tbk.)

Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Komunikasi Sebelum dan Setelah Melakukan Merger serta Pengaruhnya terhadap Cash Flow (Studi pada PT Smartfren Telecom Tbk.)


DEKA NURHAYATI, Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Komunikasi Sebelum dan Setelah Melakukan Merger serta Pengaruhnya terhadap
Cash Flow (Studi pada PT Smartfren Telecom Tbk.) (Dibawah bimbingan Hj.MA.Hamda Roni).
PT Smartfren Telecom Tbk. sebagai perusahaan yang telah melakukan merger dan sudah cukup lama beroperasi dibidang penyedia jasa komunikasi mengharapkan dapat memanfaatkan dan merubah potensial demand jasa komunikasi yang kian meningkat menjadi aktual demand sehingga akan menghasilkan kinerja yang terus membaik bahkan meningkat kualitasnya. Namun realitanya likuiditas perusahaan dilihat per triwulan ditahun 2007 sampai dengan tahun 2014 current ratio nya berfluktuasi dan pada tahun 2014 cenderung menurun. Selain itu, tingkat profitabilitas PT Smartfren Telecom Tbk. dilihat dari return on assets (ROA) dan return on equity (ROE) per triwulan dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 berfluktuasi dan cenderung menurun bahkan sebagian besar bersifat negatif. Dilihat dari tingkat solvabilitas PT Smartfren Telecom Tbk. yaitu debt to asset ratio (DAR) dandebt to equity ratio (DER)per triwulan dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 berfluktuasi dan cenderung mengalami kenaikan. Sedangkan dari tingkat aktivitas yaitu total asset turn over per triwulan dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 jugaberfluktuasi dan cenderung mengalami kenaikan ditahun terakhir.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, metode komparatif dan metode asosiatif.
Dari hasil dan pembahasan diperoleh : (1) Kinerja keuangan PT Smartfren Telecom Tbk. sebelum melakukan merger menunjukan kinerja keuangan yang masih terbilang cukup baik. (2) Kinerja keuangan PT Smartfren Telecom Tbk. setelah melakukan merger menunjukan penurunan sehingga kinerja keuangan (ROA, ROE dan DER) terbilang rendah.(3) Perkembangan cash flow pada PT Smartfren Telecom Tbk. setelah melakukan merger cenderung fluktuatif dari tahun ke tahun.(4) Perbedaan kinerja keuangan sebelum dan setelah melakukan merger diketahui dari perhitungan komparatif t-test menunjukan bahwa t-hitung current ratio sebesar 3.349nilai tersebut lebih tinggi dari t-table sehingga dapat disimpulan bahwa kinerja keuangan PT Smartfren Telecom Tbk. mengalami perubahan signifikan setelah perusahaan melakukan merger. Sedangkan t-hitung untuk ROA sebesar -0.187, ROE sebesar 1.281, DAR sebesar 1.263, DER sebesar - 0.896 dan TATO sebesar 0.436. Nilai tersebut lebih rendah dari t-table sehingga dapat disimpulan bahwa kinerja keuangan PT Smartfren Telecom Tbk. tidak mengalami perubahan signifikan setelah perusahaan melakukan merger. (5) Pengaruh secara parsial menunjukan bahwa untuk current ratio, DAR dan DER terdapat pengaruh setelah melakukan merger terhadap cash flow sedangkan untuk ROA, ROE dan TATO tidak terdapat pengaruh setelah melakukan merger terhadap cash flow. Kemudian secara simultan menunjukan bahwa ada pengaruh kinerja keuangan setelah melakukan merger terhadap cash flow.

Kata Kunci :Kinerja Keuangan, Merger, Cash Flow.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Deka Nurhayati - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2016054
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2016).Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Komunikasi Sebelum dan Setelah Melakukan Merger serta Pengaruhnya terhadap Cash Flow (Studi pada PT Smartfren Telecom Tbk.).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd