Pengaruh Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen (Survey Pada Lembaga Kursus Matematika Batik Tridaya)
NENENG KIKI NURKALMILAH, Pengaruh Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas
(Survey Pada Lembaga Kursus Matematika Batik Tridaya). (Di bawah bimbingan : Hj. Erna Herlinawati).
Loyalitas konsumen pada tempat Kursus Matematika Batik Tridaya menunjukkan penurunan sebesar 37% pada tahun ajaran 2015-2016 yang diduga
disebabkan oleh adannya ketidakpuasan konsumen terhadap harga yang dianggap kurang sesuai dengan jasa yang diperoleh, promosi penjualan yang kurang menarik serta kualitas layanan yang tidak sesuai dengan harapan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi penjualan, dan kualitas layanan terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas secara simultan dan parsial serta langsung dan tidak langsung. Metode penelitian adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini dengan penyebaran kuesioner yang melibatkan 50 orang tua siswa selaku konsumen Kursus Matematika Batik Tridaya, dan studi kepustakaan. Skala pengukurannya dengan skala ordinal yang ditransformasi ke dalam skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan : (1) Harga pada Kursus Matematika Batik Tridaya termasuk dalam kategori cukup sesuai; Promosi penjualan yang dilakukan termasuk dalam kategori cukup baik; Kualitas layanan dalam kategori baik; (2) Kepuasan konsumen termasuk dalam kategori cukup memuaskan; (3) Loyalitas termasuk dalam kategori cukup; (4) Pengaruh Harga terhadap Kepuasan sebesar 29,4%; (5) Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Kepuasan sebesar 34,1%; (6) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan sebesar 26,3%; (7) Pengaruh simultan Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas layanan terhadap Kepuasan sebesar 66,1% ,sementara sisanya 33,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa ada pengaruh harga, promosi penjualan dan kualitas layanan tehadap kepuasan secara statistik diterima; (8) Pengaruh kepuasan terhadap
loyalitas sebesar 55,1%; (9) Pengaruh simultan Harga, Promosi Penjualan, Kualitas layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas sebesar 67,2%, sementara sisanya 32,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis yang menunjukkan ada pengaruh harga, promosi penjualan, kualitas layanan dan kepuasan terhadap loyalitas secara statistik ditolak. Pengaruh tidak langsung variabel X1 terhadap Z sebesar 9.8%, variabel X2 terhadap Z sebesar 11,4%, variabel X3 terhadap Z sebesar 8,81%.
Kata Kunci : Harga, Promosi Penjualan, Kualitas Layanan, Kepuasan, Loyalitas
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Neneng Kiki Nurkalmilah - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2016049 |
Subyek |
Manajemen Pemasaran
|
Klasifikasi |
658.81 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2016 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2016).Pengaruh Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen (Survey Pada Lembaga Kursus Matematika Batik Tridaya).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd