Pengaruh Pemasaran Relasional, Variasi Produk, dan Segmentasi Pasar Terhadap Penjualan Tekstil Kain pada CV. Indotex Sukses Perkasa Bandung
DIAN ANDRIANI, “Pengaruh Pemasaran Relasional, Variasi Produk, dan Segmentasi Pasar Terhadap Penjualan Tekstil Kain pada CV. Indotex Sukses
Perkasa Bandung, (Dibawah bimbingan : Hj. Erna Herlinawati)”
Perkembangan fashion di Indonesia saat ini begitu pesat. Bahkan sudah menjadi salah satu kebutuhan seiring dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat. Namun, hal tersebut tidak sejalan dengan perkembangan tekstil di Indonesia. Hal tersebut dipengaruhi oleh persaingan yang sangat ketat dari produk tekstil impor yang semakin gencar dalam memasarkan dan menarik minat pembeli.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data serta informasi yang berkaitan dengan pemasaran relasional,
variasi produk dan segmentasi pasar sehingga memudahkan untuk diperoleh kesimpulan dan pemberian saran terkait dengan penjualan. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, yang dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan ukuran sampel 31 orang. Bentuk kuesioner menggunakan skala likert untuk mengetahui tanggapan responden, kemudian hasilnya ditransformasikan ke dalam interval.
Berdasarkan jawaban kuesioner responden tentang pemasaran relasional, variasi produk, segmentasi pasar, dan penjualan masing-masing yaitu 912, 612,
613, dan 718 dimana skor tersebut masing-masing termasuk kategori cukup baik. Hal tersebut menjelaskan bahwa pelaksanaan pemasaran relasional, variasi produk, segmentasi pasar dan penjualan pada CV. Indotex Sukses Perkasa sudah cukup baik.
Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh pemasaran relasional terhadap penjualan yaitu sebesar 75,3%. Hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung sebesar
9,410 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, pengaruh variasi produk terhadap penjualan sebesar 81,6%.Hasil uji hipotesis
menunjukkan t hitung sebesar 11,350 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 , maka Ho ditolak, dan pengaruh segmentasi pasar terhadap penjualan sebesar 64,3%. Hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung sebesar 7,233 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa pemasaran relasional, variasi produk, dan segmentasi pasar masing-masing berpengaruh positif terhadap penjualan secara empiris diterima. Pengaruh variabel Pemasaran Relasional, Variasi Produk, dan Segmentasi Pasar terhadap Penjualan adalah sebesar 0,857 yang berarti bahwa perubahan Penjualan dapat dijelaskan (dipengaruhi) oleh perubahan variabel Pemasaran Relasional, Variasi Produk, dan Segmentasi Pasar sebesar 85,7%. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada faktor lain yang dapat meningkatkan Penjualan pada CV.Indotex Sukses Perkasa selain variabel Pemasaran Relasional, Variasi Produk, dan Segmentasi Pasar, yaitu sebesar 14,3%.
Kata Kunci : Pemasaran Relasional, Variasi Produk, Segmentasi Pasar, Penjualan
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | Dian Andriani - Personal Name |
Edisi | |
No. Panggil | ESM2016047 |
Subyek | Manajemen Pemasaran |
Klasifikasi | 658.81 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | English |
Penerbit | STIE INABA |
Tahun Terbit | 2016 |
Tempat Terbit | BANDUNG |
Deskripsi Fisik | |
Info Detil Spesifik |
Citation