Detail Cantuman

Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung Barat)

Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung Barat)


FITRIA NUR APRILIANI, Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung Barat (Di bawah bimbingan: Peddy HF. Dasuki, Drs, Msi, CPA, CA).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Data yang digunakan adalah data primer.
Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dan penyebaran kuisioner kepada 66 responden. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan Sampling Purposive. Untuk mengukur besarnya pengaruh ke empat variabel digunakan Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linear berganda, dan Analisis Koefisien Determinasi, serta pengujian hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 20.0.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa: (1) Kualitas Laporan Keuangan berada pada kategori baik dengan presentase skor aktual sebesar 81,4%. (2) Pengelolaan Barang Milik Daerah berada pada kategori baik dengan presentase skor aktual sebesar 78,3%. (3) Penerapan Sistem Akuntansi Keuanagn Daerah berada pada kategori baik dengan presentase skor aktual sebesar 78,3%. (4) Pengelolaan Barang Milik Daerah berpengaruh dengan tingkat signifikan sedang terhadap kualitas laporan keuangan, dimana kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 34,93%.(5) Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah berpengaruh dengan tingkat signifikan sedang terhadap kualitas laporan keuangan, dimana kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 29,70%. (8) terdapat pengaruh positif dengan tingkat signifikan sedang antara Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 40,9% sedangkan sisanya sebesar 59,1% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Fitria Nur Apriliani - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019066
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2019).Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung Barat).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd