Detail Cantuman

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage (Dari) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (ROA) pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage (Dari) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (ROA) pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017


HANA ANGGRAENI PUSPITASARI, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage (DAR) dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2017”. (di bawah bimbingan: Ita Kumaratih).
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan pertumbuhan penjualan secara parsial dan secara simultan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur subsektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Objek dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, leverage, dan pertumbuhan penjualan sebagai variabel independen dan profitabilitas sebagai variabel dependen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang digunakan dalam laporan ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan manufaktur subsektor otomotif dan komponen untuk periode 2010-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur subsektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2017 sebanyak 12 perusahaan. Sampel dalam penelitian sebanyak 9 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: analisis deskriptif, analisis verifikatif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, analisis pengujian koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis
baik secara parsial maupun simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ukuran Perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas, dapat dilihat dari nilai -t hitung < -t tabel (-1,337 < 1,9944) serta dengan nilai Sig yaitu 0,186 > 0,05. Sedangkan besar hubungan antara variabel Ukuran Perusahaan dengan Profitabilitas sebesar -0,062 yang menandakan terdapat hubungan negatif yang sangat rendah. (2) Leverage (DAR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas, dapat dilihat dari nilai -t hitung < -t tabel (-1,872 < 1,9944) serta dengan nilai Sig yaitu 0,065 > 0,05. Sedangkan besar hubungan antara variabel Leverage (DAR) dengan Profitabilitas sebesar -0,205 yang menandakan terdapat hubungan negatif yang rendah. (3) Pertumbuhan Penjualan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas dapat dilihat dari t hitung < t tabel (0,986 < 1,9944) serta dengan nilai Sig yaitu 0,328 > 0,05. Sedangkan besar hubungan antara variabel Pertumbuhan Penjualan dengan Profitabiltas sebesar -0,175 yang menandakan terdapat hubungan negatif yang sangat rendah. (4) Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan secara bersama-sama (simultan) memberikan pengaruh terhadap Profitabiltas tetapi tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 2,035 dengan nilai Ftabel sebesar 2,74 artinya Fhitung lebih kecil dari Ftabel (2,035 > 2,74). Namun dilihat dari nilai R-square sebesar 0,082 yang berarti bahwa perubahan Profitabiltas dapat dipengaruhi oleh perubahan Ukuran Perusahaan, Leverage dan Pertumbuhan penjualan sebesar 8,2 %, sedangkan sebesar 91,8 % dipengaruhi faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan penjualan, dan Profitabilitas.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hana Anggraeni Puspitasari - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019065
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2019).Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage (Dari) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (ROA) pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd