Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Air Tanah
THESA DEYUNI HANDYANA, Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Air Tanah Kasus pada BPPD Kota Bandung (Di bawah bimbingan : Astrin Kusumawardani, SE, Ak, MM.,CA).
Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung adalah Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung yang mempunyai tugas menyelenggarakan fungsi penunjang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah bidang pengelolaan pajak, retribusi dan pendapatan daerah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Air Tanah. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dan penyebaran kuisioner kepada 87 responden. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling Method.
Untuk mengukur besarnya pengaruh keempat variabel digunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi serta pengujian hipotesis baik secara parsial atau simultan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa : (1) Sosialisasi Perpajakan berada pada kategori baik dengan persentase skor aktual mencapai 73,98%. (2) Kualitas Pelayanan berada pada kategori baik dengan persentase skor aktual mencapai 74,18%. (3) Kesadaran Wajib Pajak berada pada kategori baik dengan persentase skor aktual mencapai 73,18%. (4) Kepatuhan Wajib Pajak berada pada kategori baik dengan persentase skor aktual mencapai 73,63%. (5) Sosialisasi Perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak air Tanah di Kota Bandung dengan nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 1,135. (6) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Air Tanah di Kota Bandung dengan nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 2,592. (7) Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Air Tanah di Kota Bandung dengan nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 4,228. (8) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Air Tanah sebesar 81,2%. Sedangkan sisanya 18,8% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Thesa Deyuni Handyana - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESA2018079 |
Subyek |
Akuntansi Pajak
|
Klasifikasi |
336.2 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2018).Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Air Tanah.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd