Detail Cantuman

Pengaruh Biaya Operasional, Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2017

Pengaruh Biaya Operasional, Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2017


LIFYNDA ARYA PUTRI, Pengaruh Biaya Operasional, Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur Sub sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010- 2017. (Dibawah bimbingan: M.Iqbal Alamsyah, SE, M.M.)
Perusahaan didirikan sebagai organisasi yang bertujuan untuk memperoleh laba sebanyak-banyaknya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya (continuitas usaha) serta mampu mengembangkan usahanya dalam lingkungan yang dinamis dan kompetitif. Untuk mencapai laba atau keuntungan yang optimal, maka perusahaan harus memperhatikan efektifitas tujuan dan pengembangan perusahaan, Tujuan umum dari sebuah usaha didirikan adalah untuk mencari laba.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya operasional, biaya promosi dan biaya produksi terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sybsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penelitian kepustakaan dengan populasi 16 perusahaan manufaktur. Jumlah sampel dalam
penelitian ini ada 10 perusahaan yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: Analisis deskriptif, analisis verifikatif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 23.0.
Berdasarkan hasil uji statistik terlihat penelitian secara parsial dengan taraf signifikansi 0,05 terbukti bahwa (1) Biaya Operasional memiliki thitung sebesar 3,477 lebih besar dari ttabel sebesar 1,992, artinya biaya operasional berpengaruh terhadap laba bersi. (2) Biaya promosi memiliki thitung sebesar 8,533 lebih besar dari ttabel sebesar 1,992, artinya biaya promosi berpengaruh terhadap laba bersih. (3) Biaya Produksi memiliki thitung sebesar 5,938 lebih besar dari ttabel sebesar 1,992, artinya biaya produksi berpengaruh terhadap laba bersih.
Berdasarkan hasil penelitian dari uji F, diperoleh hasil bahwa Biaya Operasional, Biaya Promosi dan Biaya produksi secara bersama-sama berpengaruh terhadap laba bersih karena memiliki memliki nilai Fhitung sebesar 730,538 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,72. Adapun nilai koefisien determinasi sebesar 96,6% yang menunjukan arti bahwa Biaya Operasional, Biaya promosi dan biaya Produksi memberikan hubungan simultan terhadap Laba Bersih. Sedangkan sisanya sebesar 5,4% kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi.
Kata Kunci : Biaya Operasional, Biaya Promosi, Biaya Produksi, Laba Bersih


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Lifynda Arya Putri - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019039
Subyek Akuntansi Biaya
Klasifikasi 657.42
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Biaya

Citation

. (2019).Pengaruh Biaya Operasional, Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd