Detail Cantuman

Pengaruh Return on Asset (ROA), Leverage (DER) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (CETR) Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2018

Pengaruh Return on Asset (ROA), Leverage (DER) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (CETR) Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2018


Tina Elista, Pengaruh Return On Asset, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance Pada 6 Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2018 (Dibawah bimbingan Kasir, S.E., M.Ak., Ak., CA.)
Tax avoidance merupakan Upaya penghindaran pajak yang dilakukan secara legal dan aman bagi wajib pajak karena tidak bertentangan dengan ketentuan perpajakan. Return on asset digunakan untuk melihat sejauh mana investasi yang telah ditanamkan mampu memberikan pengembalian keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Leverage merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai dengan utang. Ukuran perusahaan adalah suatu skala yang dapat mengklasifikasikan perusahaan menjadi perusahaan besar dan kecil menurut berbagai cara.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on asset, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance yang dilakukan pada 6 perusahaan sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018. Data yang digunakan adalah data sekunder. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan otomotif tahun 2011-2018 sebanyak 18 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 6 perusahaan yang ditentukan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini di uji menggunakan asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (t test) dan uji simultan (f test). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil penelitian pada uji t, diperoleh hasil bahwa return on asset berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance dimana thitung sebesar - 2,696 lebih besar dari ttabel sebesar 2,015. Leverage tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dimana thitung sebesar -0,865 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,015. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance dimana thitung sebesar -3,019 lebih besar dari ttabel sebesar 2,015.
Berdasarkan hasil penelitian pada uji f, diperoleh hasil bahwa return on asset, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap tax avoidance dimana nilai Fhitung sebesar 5,143 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,79.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil kombinasi ketiga variabel (return on asset, leverage, dan ukuran perusahaan) berpengaruh terhadap tax avoidance sebesar 26.0% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian misalnya capital intensity, pertumbuhan penjualan dan corporate social responsibility.
Kata kunci : Return on Asset, Leverage, Ukuran Perusahaan, Tax Avoidance.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Tina Elista Martiani - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019060
Subyek Akuntansi Pajak
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Pajak

Citation

. (2019).Pengaruh Return on Asset (ROA), Leverage (DER) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (CETR) Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2018.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd