Detail Cantuman

Pengaruh Tax Retention Rate (TRR), Book Tax Differences (BTD) dan Effective Tax Rate (ETR) terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016

Pengaruh Tax Retention Rate (TRR), Book Tax Differences (BTD) dan Effective Tax Rate (ETR) terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016


NOVI SARISTA, Pengaruh Tax Retention Rate (TRR), Book Tax Differences (BTD) dan Effective Tax Rate (ETR) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016 (Dibawah bimbingan: Wajib Ginting, S.E., M.B.A., M.O.S., Ak., CPA.)
Kinerja keuangan adalah usaha formal yang telah dilakukan oleh perusahaan yang dapat mengukur keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan laba. Laba merupakan ukuran paling sederhana untuk menilai kinerja keuangan sebuah perusahaan. Kinerja keuangan juga akan memberikan gambaran efisiensi atas pengunaan dana mengenai hasil akan memperoleh laba dapat dilihat setelah membandingkan pendapatan bersih setelah pajak. Pajak merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu perusahaan melalui manajemen selalu berupaya untuk meminimalisasikan pajak dan upaya ini sering disebut dengan perencaanaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tax retention rate (trr), book tax differences (btd) dan effective tax rate (etr) terhadap kinerja keuangan dengan menggunakan proksi pengukuran Net Profit Margin (NPM).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penelitian kepustakaan pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016 dengan populasi 46 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 18 perusahaan yang ditentukan menggunakan purposive sampling.
Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: analisis deskriptif, statistik inferensial, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian pada uji t, diperoleh hasil bahwa TRR memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan dimana nilai thitung sebesar 2,773 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. BTD memiliki pengaruh postif terhadap kinerja keuangan dimana nilai thitung sebesar 3,784 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987.ETR memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan dimana nilai thitung sebesar 2,627 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. Berdasarkan hasil penelitian pada uji f, diperoleh hasil bahwa TRR, BTD, ETR berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dimana Fhitung lebih besar sebesar 6,770 lebihbesar dari Ftabel 3,10.
Kata Kunci: Tax Retention Rate, Book Tax Differences, Effective Tax Rate, Kinerja Keuangan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Novi Sarista - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2018076
Subyek Akuntansi Pajak
Klasifikasi 336.2
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Pajak

Citation

. (2018).Pengaruh Tax Retention Rate (TRR), Book Tax Differences (BTD) dan Effective Tax Rate (ETR) terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd