Detail Cantuman

Pengaruh Rasio Profitabilitas (NPM), Struktur Modal (DER), dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Jasa Keuangan Sektor Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010 – 2017

Pengaruh Rasio Profitabilitas (NPM), Struktur Modal (DER), dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Jasa Keuangan Sektor Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010 – 2017


RAHMAT HIDAYAT NURAIDIN, Pengaruh Rasio Profitabilitas (Net Profit Margin), Struktur Modal (Debt to Equity Ratio), Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Keuangan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010- 2017) (dibawah bimbingan: Kasir., S.E., M.Ak)
Pajak Penghasilan Badan suatu perusahaan tergantung dari pendapatan yang ada pada suatu perusahaan itu sendiri. Profitabilitas (Net Profit Margin) mengukur seberapa besar persentase perusahaan mendapatkan laba. Selain itu jumlah Struktur Modal Debt to Equity Ratio menghitung perbandingan antara jumlah modal yang dipakai dengan jumlah pinjaman yang ada yang mengakibatkan beban bunga mengurangi PPh Badan. Biaya Operasional merupakan faktor yang menentukan laba bersih perusahaan.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data sekunder dan teknik pengumpulan data di dapat melalui studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: Analisis deskriptif, Uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan dokumentasi yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Penggunaan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh data sebanyak 6 perusahaan perbankan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisiensi korelasi, analisis koefisiensi determinasi, dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk Rasio Profitabilitas (NPM) perusahaan perbankan BUMN dan BUMD periode 2010-2017 rata-rata 22,79%, untuk Struktur Modal (DER) rata-rata 757,087%, untuk Biaya Operasional ratarata 12.769.712,54 (dalam jutaan rupiah), sedangkan untuk PPh Badan rata-rata sebesar 2.434.201,92 (dalam jutaan rupiah). Adapun hasil penelitian pengaruh variabel secara parsial menunjukkan : (1) Profitabilitas (net porfit margin) berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Badan dengan nilai thitung > ttabel yaitu (3,657 > 2,015), (2) Struktur Modal (debt to equity ratio) berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Badan dengan nilai thitung > ttabel yaitu (2,147 > 2,015), (3) Biaya Operasional berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Badan dengan nilai thitung > ttabel yaitu (14,041 > 2,015). Berdasarkan hasil koefisiensi korelasi Profitabilitas (net porfit margin) terhadap Pajak Penghasilan Badan yaitu 0,746, koefisiensi korelasi Struktur Modal (debt to equity ratio) terhadap Pajak Penghasilan Badan yaitu -0,399, Biaya Operasional terhadap Pajak Penghasilan Badan yaitu 0,945.
Berdasarkan koefisiensi determinasi sebesar 92,3% memberi pengaruh secara simultan.
Kata Kunci : Rasio Profitabilitas (NPM), Struktur Modal (DER), Biaya Operasional dan Pajak Penghasilan Badan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rahmat Hidayat Nuraidin - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019058
Subyek Akuntansi Biaya
Klasifikasi 657.42
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Biaya

Citation

. (2019).Pengaruh Rasio Profitabilitas (NPM), Struktur Modal (DER), dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Jasa Keuangan Sektor Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010 – 2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd