Detail Cantuman

Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2018)

Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2018)


Ninit Rachmanita, Pengaruh Return on Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2018) (Dibawah bimbingan Hj. Devyanthi Sjarif, S.E.,M.Ak.,). Harga saham adalah harga yang terjadi di bursa pada waktu tertentu. Harga saham bisa berubah naik ataupun turun dalam hitungan waktu yang begitu cepat. Hal tersebut dimungkinkan karena tergantung dengan permintaan dan penawaran antara pembeli saham dengan penjual saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on equity (ROE), earning per share (EPS), dan price earning ratio (PER) terhadap harga saham pada 5 perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018. Data yang digunakan adalah data sekunder. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ45 sebanyak 45 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 5 perusahaan yang ditentukan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini di uji menggunakan asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (t test) dan uji simultan (f test). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian pada uji t, diperoleh hasil bahwa return on equity (ROE) berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham dimana thitung sebesar -2,248 lebih besar dari ttabel sebesar 2,032. Earning per share (EPS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dimana thitung sebesar 21,562 lebih besar dari ttabel sebesar 2,032. Price earning ratio (PER) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dimana thitung sebesar 2,312 lebih besar dari ttabel sebesar 2,032. Berdasarkan hasil penelitian pada uji f, diperoleh hasil bahwa return on equity (ROE), earning per share (EPS), dan price earning ratio (PER) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap harga saham dimana nilai fhitung sebesar 156,286 lebih besar dari ftabel sebesar 2,92. Berdasarkan hasil koefisien determinasi sebesar 92.9% menyimpulkan bahwa return on equity (ROE), earning per share (EPS), dan price earning ratio (EPS) berpengaruh terhadap harga saham sebesar 92.9% pada 5 perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2018. Sedangkan sisanya sebesar 7.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang diabaikan dalam penelitian ini, seperti return on asset, net profit margin, book value per share dan current ratio.
Kata kunci : Return On Equity (ROE) , Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Harga Saham.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ninit Rachmanita - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019054
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2019).Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd