Detail Cantuman

Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern Penjualan Kredit Terhadap Piutang Tak Tertagih Pada PT. Maestro Finance

Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern Penjualan Kredit Terhadap Piutang Tak Tertagih Pada PT. Maestro Finance


SHINTA DILA, Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern Penjualan Kredit Terhadap Piutang Tak Tertagih Pada PT. Maestro Finance (Di bawah bimbingan Deni Hamdani, S.E., M.Ak).
Piutang tak tertagih timbul adanya penjualan kredit. PT.Maestro Finance merupakan perusahaan yang menerapkan sistem penjualan secara kredit sehingga sering kali mengalami kerugian piutang atau piutang tak tertagih.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Implementasi Pengendalian Intern Penjualan Kredit Terhadap Piutang Tak Tertagih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Data yang digunakan adalah data primer, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 35 responden. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Untuk mengukur besarnya pengaruh kedua variabel digunakan Analisis koefisien korelasi Rank Spearman dan koefisien determinasi serta pengujian hipotesis. Pengolahan data menggunakanaplikasi SPSS 22.0.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Pengendalian Intern Penjualan Kredit PT. Maestro Finance telah dilaksanakan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan memperoleh skor 4198, dimana skor tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik. (2) Piutang Tak Tertagih PT. Maestro Finance telah dilaksanakan dengan baik . Hal ini dibuktikan dengan memperoleh skor 1021, dimana skor tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik. (3) Korelasi antara kedua variabel sebesar 0,387 artinya Pengendalian Intern Penjualan Kredit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Piutang Tak Tertagih di PT. Maestro Finance dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 15%, sebagian sisanya sebesar 85% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Pengendalian Intern Penjualan Kredit dan PiutangTak Tertagih


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Shinta Dilla - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2017103
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2017).Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern Penjualan Kredit Terhadap Piutang Tak Tertagih Pada PT. Maestro Finance.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd