Detail Cantuman

Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE), dan Earning per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Lembaga Pembiayaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE), dan Earning per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Lembaga Pembiayaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)


AGUNG ABDIRAHMAN. Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE), dan Earning per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Lembaga Pembiayaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018) (di bawah bimbingan: Yoyo Sudaryo).
Pada penutup tahun 2015 terjadi penurunan harga saham rata-rata perusahaan sub sektor lembaga pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang cukup drastis dibanding tahun 2014. Selama periode 2014-2018 terjadi fluktuasi kenaikan dan penurunan harga, namun harga rata-rata tertinggi selama sampai dengan tahun 2018 tidak pernah melampaui harga rata-rata tahun 2014. Rasio keuangan perusahaan yang diantaranya adalah debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE), dan earning per share (EPS), diindikasikan mempengaruhi pergerakan harga saham. Sehingga perlu diketahui gambaran rasio keuangan tersebut serta pengaruhnya terhadap harga saham.
Metode yang digunakan untuk meneliti fenomena di atas adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder. Adapun analisis untuk menggambarkan dan mengetahui pengaruh rasio keuangan DER, ROE, dan EPS
terhadap harga saham diantaranya adalah analisis deskripsi, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis secara parsial dan simultan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata harga saham adalah Rp.930,27, nilai rata-rata debt to equity ratio (DER) sebesar 3,3796, nilai rata-rata return on equity (ROE) sebesar -0,0747, dan nilai rata-rata earning per share (EPS) sebesar 97,0895. Secara parsial debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, return on equity (ROE) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, serta earning per share (EPS) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Adapun secara simultan debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE), dan earning per share (EPS) bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci : Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Harga Saham


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Agung Abdirahman - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2019062
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2019).Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE), dan Earning per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Lembaga Pembiayaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd