Detail Cantuman

Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung)

Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung)


ALEXANDRA GISELA Rr. W. H., Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung (Di bawah bimbingan: Hj. Devyanthi Sjarif, SE., M.Ak).
Fenomena pelaporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung yaitu pada tahun 2017 Pemerintah Kota Bandung gagal meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Faktor penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan tepat waktu adalah tersedianya sumber daya manusia yang kompeten. Pemanfaatan teknologi informasi juga memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan terutama keterandalan dan ketepatwaktuan. Selain itu, untuk mencapai pengelolaan keuangan Negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, menteri/pimpinan lembaga, gubernur, dan bupati/walikota wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner yaitu metode dengan cara mencari dan mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengujian hipotesis (uji t), kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan sistem pengendalian intern pemerintah mempunyai pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah pada Pemerintah Kota Bandung. Adapun hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F), kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan sistem pengendalian intern secara bersamasama mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah.
Kata kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang ALEXANDRA GISELA Rr. W. H. - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019032
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2019).Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd