Detail Cantuman

Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak Menggunakan Pendekatan ETR pada Perusahaan Subsektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017

Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak Menggunakan Pendekatan ETR pada Perusahaan Subsektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017


MOHAMMAD NIZAR RAMADHAN, Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak Menggunakan Pendekatan ETR pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017 (Dibawah bimbingan: Wajib Ginting, SE., MBA., MM., MOS .,Ak., CPA)
Agresivitas pajak adalah suatu tindakan merekayasa pendapatan kena pajak yang dilakukan perusahaan melalui tindakan perencanaan pajak, baik menggunakan cara yang tergolong secara legal (tax avoidance) atau ilegal (tax evasion). Walau tidak semua tindakan yang dilakukan melanggar peraturan, namun semakin banyak celah yang digunakan maka perusahaan tersebut dianggap semakin agresif terhadap pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak dengan menggunakan pendekatan Effective Tax Rates (ETR).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penelitian kepustakaan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2017 dengan populasi 13 perusahaan sub sektor otomotif dan komponen. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 4 perusahaan yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f).
Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian pada uji t, diperoleh hasil bahwa likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dimana thitung sebesar - 0,975
lebih kecil dari ttabel 2,048. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dimana nilai thitung sebesar - 0,845 lebih kecil dari ttabel 2,048.
Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dimana thitung sebesar 3,150 lebih besar dari ttabel 2,048.
Berdasarkan hasil penelitian pada uji f, diperoleh hasil bahwa likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap agresivitas pajak nilai Fhitung sebesar 5,020 lebih besar dari Ftabel 2,92 dengan tingkat signifikansi 0,007 < 0,05.
Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Agresivitas Pajak


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Mohammad Nizar R - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019023
Subyek Akuntansi Pajak
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Pajak

Citation

. (2019).Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak Menggunakan Pendekatan ETR pada Perusahaan Subsektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd