Detail Cantuman

Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Manajerial Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2014 - 2018.

Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Manajerial Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2014 - 2018.


Josep Maruli Hutapea, Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial Terhadap Kinerja Manajerial Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2014-2018. (Di bawah bimbingan : Deni Hamdani, SE,M.Ak.)
Organisasi pemerintah merupakan lembaga yang menjalankan roda pemerintah yang sumber legitimasinya berasal dari masyarakat. Oleh karena itu, kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada penyelenggara pemerintah harus diimbangi dengan kinerja yang baik, sehingga pelayanan dapat ditingkatkan secara efektif dan menyentuh pada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Manajerial Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2014-2018.
Metode yang digunakan adalah analisis desktiptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 412 karyawan di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Sampel menggunakan metode Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling. Total sampel sebanyak 80 responden. Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS.
Berdasarkan penelitian pada Uji t, secara parsial, pada variabel Kejelasan Sasaran Anggaran diperoleh thitung sebesar -2,214 dan nilai kritis ttabel adalah ± 1,665. Dengan demikian thitung -2,214 < ttabel -1,665 atau sig 0,30 < 0,05 artinya H0 ditolak . Hal ini menunjukan bahwa Kejelasan Sasaran Anggaran berpengaruh negatif terhadap kinerja manajerial. Pada variabel Partisipasi Anggaran diperoleh thitung sebesar 4,197 dan nilai kritis ttabel adalah 4,253 , dengan demikian thitung 4,253 > ttabel 1,665 artinya H0 ditolak hal ini menunjukan bahwa Partisipasi Anggaran berpengaruh terhadap Kinerja Manajerial.Pada variabel Sistem Pengendalian Internal diperoleh sebesar thitung 3,661 dan nilai kritis ttabel sebesar 1,665, dengan demikian thitung 3,661 > ttabel 1,665 artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa Sistem Pengendalian Internal berpengaruh terhadap kinerja manajerial.
Berdasarkan hasil uji F, Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2014-2018 . Penilaian tersebut didapatkan dari Fhitung 26,376 dan nilai Ftabel 2,725, dengan demikian diperoleh Fhitung 26,376 > Ftabel 2,725 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan secara simultan bahwa Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal berpengaruh Signifikan terhadap Kinerja Manajerial
Kata Kunci: Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran, Sistem Pengendalian Internal, Kinerja Manajerial.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Josep Maruli Hutapea - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019020
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2019).Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Partisipasi Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Manajerial Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2014 - 2018..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd