Detail Cantuman

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas (ROE) dan Struktur Modal (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas (ROE) dan Struktur Modal (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017


RIZKI FITRIYANTI, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas (ROE), Strukrtur Modal (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017. (di bawah bimbingan : Deni Hamdani).
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari ukuran perusahaan, profitabilitas (ROE), struktur modal (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017. Objek dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas (ROE), struktur modal (DER) sebagai variabel independen dan nilai perusahaan (PBV) sebagai variabel dependen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode studi menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan untuk periode 2010-2017. Sampel pada penelitian ini berjumlah 10 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling.
Pengujian statistik dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji-t dan pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji-F dengan taraf signifikasi 0,05.
Berdasarkan hasil uji statistik terlihat penelitian secara parsial dengan taraf signifikansi 0,05 terbukti bahwa ukuran perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) karena t-hitung = -1,499 > -t-tabel = - 1,992 , maka H1 ditolak. Profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity terbukti berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) karena t-hitung = 26,134 > t-tabel = 1,992 sehingga H2 diterima. Struktur modal yang diproksikan dengan debt to equity ratio terbukti memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) karena t-hitung = 2,526 > t-tabel = 1,992 sehingga H3 diterima.
Berdasarkan penelitian pada uji F, diperoleh hasil bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas (ROE), struktur modal (DER) secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) karena F-hitung = 321,734 > F-tabel = 2,72 , sehingga H4 diterima. Adapun besarnya nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 92,7%, artinya ukuran perusahaan, profitabilitas (ROE) dan struktur modal (DER) memberikan pengaruh secara simultan (bersama-sama) sebesar 92,7% terhadap nilai perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 7,3% kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan , Profitabilitas (ROE), Struktur Modal (DER), Nilai Perusahaan (PBV)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rizki Fitriyanti - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019019
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit STIE INABA
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2019).Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas (ROE) dan Struktur Modal (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd