Detail Cantuman

Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Subang)

Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Subang)


DEVIANA ULTIHVIRA AL-ZAHRA, Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Subang)(di bawah bimbingan: Kartika Berliani, S.E.,M.M)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dan penyebaran kuisioner kepada 60 responden. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan Sampling Purposive. Untuk mengukur besarnya pengaruh ke empat variabel digunakan Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linear berganda, dan Analisis Koefisien Determinasi, serta pengujian hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa: (1) Kualitas Laporan Keuangan berada pada kategori baik dengan presentase skor aktual sebesar 79,7%. (2) Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah berada pada
kategori cukup baik dengan presentase skor aktual sebesar 60,02%. (3) Kompetensi Sumber Daya Manusia berada pada kategori baik dengan presentase skor aktual sebesar 79,2%. (4) Standar Akuntansi Pemerintah berada pada kategori baik dengan presentase skor aktual sebesar 82,3% (5) Sistem Akuntansi Keuangan Daerah berpengaruh dengan tingkat signifikan sedang terhadap kualitas laporan keuangan, dimana kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 31,6%.(6) Kompetensi Sumber Daya Manusia tidak berpengaruh dengan tingkat signifikan rendah terhadap kualitas laporan keuangan, dimana kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar -0,3%. (7) Standar Akuntansi Pemerintah berpengaruh dengan tingkat signifikan sedang terhadap kualitas laporan keuangan, dimana kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 23,5% (8) terdapat pengaruh positif dengan tingkat signifikan sedang antara Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 38,3% sedangkan sisanya sebesar 61,7% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Deviana Ultihvira Al-Zahra - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2019007
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2019).Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Subang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd