Detail Cantuman

Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017)

Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017)


AJENG PUTRI AMELIA, Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2013- 2017 (di bawah bimbingan: Hj. Elly Rusmalia H.)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif, jenis data sekunder dan teknik pengumpulan data didapat melalui studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 Bank Konvensional yang terdaftar di BEI periode 2013-2017 dan sampel penelitian sebanyak 12 bank dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017 menunjukkan bahwa: (1) Return On Asset (ROA) cenderung menurun, dengan rata-rata -0,55%. (2) Capital Adequacy Ratio (CAR) cenderung meningkat, dengan rata-rata 16,98%. (3) Debt to Equity Ratio (DER) cenderung menurun, dengan rata-rata 7,33%. (4) Non Performing Loan (NPL) cenderung meningkat, dengan rata-rata 4,11%. (5) Loan to Deposit Ratio (LDR) cenderung menurun, dengan rata-rata 86,83%. (6) BiayaOperasional/ Pendapatan Operasional (BOPO) cenderung meningkat, dengan rata-rata 106,06%. (7) Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA). (8) Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA). (9) Non Performing Loan (NPL) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). (10) Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). (11) Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA). (12) Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) secara bersamasama (simultan) memberikan pengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Konvensional yang terdaftar di BEI periode 2013-2017 sebesar 97%, sedangkan sisanya sebesar 3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) dan Return On Asset (ROA).


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ajeng Putri Amelia - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2019045
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2019).Analisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd