Detail Cantuman

Pengaruh Perputaran Piutang, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2017.

Pengaruh Perputaran Piutang, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2017.


Asrie Ratna Sari Dewi: “Pengaruh Perputaran Piutang, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2017” (Di bawah bimbingan: Kartika Berliani, SE.,MM).
Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Dalam melakukan kegiatan penjualan perusahaan pastinya memerlukan modal kerja untuk kegiatan operasional. Untuk menentukan kebutuhan modal kerja yang akan digunakan perusahaan dalam kegiatan operasionalnya, maka dapat dilihat dari perputaran masing masing modal kerja itu sendiri, seperti perputaran piutang, perputaran kas, dan perputaran persediaan. Ukuran perusahaan juga merupakan salah satu faktor yang menentukan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan
laba.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Manufaktur Sub Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode tahun 2011-2017. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Perputaran Piutang, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan kepustakaan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengujian hipotesis (uji t), hanya ukuran perusahaan yang berpengaruh terhadap profitabilitas secara parsial, penilaian tersebut didapatkan dari t hitung untuk ukuran perusahaan sebesar -3,589 lebih kecil dibanding t table sebesar -2,005. Adapun hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F), perputaran piutang, perputaran kas, perputaran persediaan dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh secara simultan sangat kuat sebesar 36,9% terhadap profitabilitas. Sedangkan sisanya sebesar 63,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : perputaran piutang, perputaran kas, perputaran persediaan, ukuran perusahaan, profitabilitas.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Asrie Ratna Sari Dewi - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2018062
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2018).Pengaruh Perputaran Piutang, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2017..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd