Detail Cantuman

Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Sistem Informasi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Informasi Keuangan Daerah Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung

Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Sistem Informasi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Informasi Keuangan Daerah Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung


WIDYA NURMALA SEINE. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Sistem Informasi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Informasi Keuangan Daerah pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPPK) Pemerintah Kabupaten Bandung (Di bawah bimbingan : Ita Kumaratih).
Dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menghasilkan sebuah laporan keuangan pemerintah. Keberhasilan suatu entitas bukan hanya dipengaruhi oleh SDM yang dimiliki, melainkan kompetensi SDM yang dimiliki. Dalam pengelolaan keuangan daerah yang baik, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus memiliki SDM yang kompeten yang didukung dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Sejalan dengan itu, penyelenggaraan pemerintahan di daerah perlu didukung pula dengan sistem pengelolaan keuangan yang cepat, tepat dan akurat. Dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mengamanatkan adanya dukungan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) dalam pemerintahan. Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan SDM yang berkompeten untuk menjalankan SIKD sehingga mampu menghasilkan Informasi Keuangan Daerah yang berkualitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, dan penyebaran kuesioner kepada 53 responden. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling Method. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 22.0.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Kompetensi SDM dengan rata-rata persentase 80% (Baik), SIKD dengan rata-rata persentase 74% (Baik), dan Kualitas Informasi Keuangan Daerah dengan rata-rata persentase 82% (Baik).
Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Kompetensi SDM dan SIKD terhadap Kualitas Informasi Keuangan Daerah menunjukkan angka sebesar 0.740 (74%) sedangkan sisanya sebesar 0.260 (26%) dipengaruhi oleh faktor lain diluar cakupan penelitian yang dilakukan.

Kata Kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Keuangan Daerah, Kualitas Informasi Keuangan Daerah


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Widya Nurmala Seine - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2016001
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2016).Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Sistem Informasi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Informasi Keuangan Daerah Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd