Detail Cantuman

Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Dan Strategi Prospektor Terhadap Inovasi Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bandung).

Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Dan Strategi Prospektor Terhadap Inovasi Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bandung).


EMA SUKMAWATI, Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Strategi Prospektor terhadap Inovasi Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang terdapat di Bandung. (Dibawah bimbingan: Hj. Ita Kumaratih, SE.,Ak., M.Si)
Peningkatan kesadaran tentang isu lingkungan telah mendorong organisasi untuk menggunakan akuntansi manajemen lingkungan, yang telah memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, termasuk peningkatan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan dan strategi terhadap inovasi perusahaan manufaktur yang terdapat di Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan korelasi berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Populasi responden pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Bandung serta yang terdaftar dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) periode 2014-2015. Sampel penelitian ini 6 perusahaan manufaktur yang masingmasing diberikan kuesioner untuk bagian akuntansi manajemen dan bagian manajemen lingkungan yang berjumlah 5 kuesioner. Maka jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 30 responden.
Hasil uji parsial diperoleh kesimpulan bahwa akuntansi manajemen lingkungan tidak berpengaruh terhadap inovasi perusahaan dengan nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel (0,515 < 2,048). Sedangkan strategi prospektor berpengaruh signifikan terhadap inovasi perusahaan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,588 > 2,048). Hasil secara simultan diketahui bahwa Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Strategi Prospektor mempunyai pengaruh signifikan terhadap Inovasi perusahaan manufaktur yang terdapat di Bandung dengan tingkat signifikansi sebesar 0.00 < 0.05. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Strategi Prospektor terhadap Inovasi Perusahaan menunjukkan angka sebesar 0.547 (54%) sedangkan sisanya sebesar 0,463 (46%) dipengaruhi oleh faktor lain diluar cakupan penelitian yang dilakukan.

Kata kunci: Akuntansi Manajemen Lingkungan, Strategi Prospektor, dan Inovasi Perusahaan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ema Sukmawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2016003
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2016).Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Dan Strategi Prospektor Terhadap Inovasi Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bandung)..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd