Detail Cantuman

Pengaruh Penyusunan Dan Implementasi Anggaran Bahan Baku Terhadap Pengendalian Bahan Baku PT. Pindad (Persero) Bandung

Pengaruh Penyusunan Dan Implementasi Anggaran Bahan Baku Terhadap Pengendalian Bahan Baku PT. Pindad (Persero) Bandung


INDRI LUTPY PRATIWI. Pengaruh Penyusunan dan Implementasi Anggaran Bahan Baku terhadap Pengendalian Bahan Baku pada PT. Pindad (Persero) Bandung (Di bawah bimbingan : Devyanthi Sjarif).
Proses perencanaan dan pengendalian harus dilakukan pada kegiatan produksi agar kelancaran usahanya dapat terjamin dan produk yang dihasilkan sesuai dengan mutu yang diinginkan. PT. PINDAD (Persero) dalam memproduksi alat-alat militer dan produk-produk komersil lainnya memerlukan bahan baku yang memadai agar proses produksinya berjalan dengan lancar. Kendala yang masih dihadapi dalam pengembangan industri PT. PINDAD (Persero) adalah kebutuhan bahan baku karena kebanyakan masih merupakan impor dari negara lain salah satunya dari Korea. Selain itu, keterlambatan bahan baku impor menjadi salah satu faktor penghambat proses produksi PT.PINDAD (Persero). Bahan baku yang memiliki kualitas baik dapat meningkatkan kualitas produk sehingga produk tersebut memiliki nilai jual lebih tinggi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penyebaran kuesioner kepada 35 responden. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling Method. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 22.0. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa : (1) Penyusunan Anggaran berada pada kategori Sangat Baik dengan rata-rata persentase 87%. (2) Impementasi Anggaran pada kategori Baik dengan rata-rata persentase 82%. (3) Pengendalian Bahan Baku berada pada kategori Sangat Baik dengan rata-rata persentase 85%. (4) Penyusunan Anggaran Bahan Baku di PT. Pindad (Persero) Bandung tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengendalian Bahan Baku dimana tingkat signifikan sebesar 0.059. (5) Implementasi Anggaran Bahan Baku di PT. Pindad (Persero) Bandung tidak berpengaruh signifikan dimana tingkat signifikan sebesar 0.053. (6) Hasil analisis koefisien korelasi menunjukan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.576 menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara Penyusunan dan Implementasi Anggaran Bahan Baku dengan Pengendalian Bahan Baku. (7) Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Penyusunan Anggaran Bahan Baku dan Implementasi Anggaran Bahan Baku terhadap Pengendalian Bahan Baku menunjukkan angka sebesar 0.332 (33.2%) sedangkan sisanya sebesar 0.668 (66.8%) dipengaruhi oleh faktor lain diluar cakupan penelitian yang dilakukan.

Kata Kunci : Penyusunan Anggaran Bahan Baku, Implementasi Anggaran Bahan Baku dan Pengendalian Bahan Baku


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Indri Lutpy Pratiwi - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2016004
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2016).Pengaruh Penyusunan Dan Implementasi Anggaran Bahan Baku Terhadap Pengendalian Bahan Baku PT. Pindad (Persero) Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd