Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Logam & Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)
GINANJAR AMANUDIN. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Logam & Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014) (Dibawah bimbingan : Ita Kumaratih).
Nilai Perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan. Untuk mewujudkan nilai perusahaan yang baik tentunya diperlukan Mekanisme Good Corporate Governance dalam sisitem pengendalian dan pengelolaan perusahaan. Selain itu, dengan menjalankan Corporate Social Responsibility perusahaan diharapkan tidak hanya mengejar laba jangka pendek, tetapi juga ikut
berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan (terutama lingkungan sekitar) dalam jangka panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan metode Sampling Purposive. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for Sosial Science) versi 20.0 for Windows.
Hasil analisis uji t dan uji F variabel Mekanisme Good Corporate Governance (Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional) dan Corporate Social Responsibility berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil analisis koefisien korelasi (R) menunjukkan nilai sebesar 0,743 atau 74,30%, artinya terdapat hubungan yang kuat antara Mekanisme Good Corporate Governance (Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional) dan Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan. Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa (R Square) Mekanisme Good Corporate Governance (Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional) dan Corporate Social Responsibility secara simultan mempunyai pengaruh yang sedang terhadap nilai perusahaan sebesar 55,30 %, sedangkan sisanya yaitu sebesar 44,70% dipengaruhi oleh faktor lain diluar cakupan penelitian yang dilakukan.
Kata Kunci : Mekanisme Good Corporate Governnace, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | Ginanjar Amanudin - Personal Name |
Edisi | |
No. Panggil | ESA2016009 |
Subyek | Akuntansi |
Klasifikasi | 657 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | English |
Penerbit | STIE INABA |
Tahun Terbit | 2016 |
Tempat Terbit | BANDUNG |
Deskripsi Fisik | |
Info Detil Spesifik |
Citation