Detail Cantuman

Pengaruh Peran Controller dan Sistem Penjualan Kredit Terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Piutang Pada SAP Group (Dibawah bimbingan: Ferry Kosadi, SE,M.Kom).

Pengaruh Peran Controller dan Sistem Penjualan Kredit Terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Piutang Pada SAP Group (Dibawah bimbingan: Ferry Kosadi, SE,M.Kom).


Debora R. Pangaribuan, Pengaruh Peran Controller dan Sistem Penjualan Kredit Terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Piutang Pada SAP Group (Dibawah bimbingan: Ferry Kosadi, SE,M.Kom).
Controller dan sistem penjualan kredit diperlukan oleh SAP Group mengingat banyaknya transaksi non tunai dalam penjualan barang bahan bangunan. Kondisi ini mengharuskan SAP Group memiliki controller yang berfungsi secara aktif dan sistem informasi yang akurat dan andal, serta cukup untuk mengendalikan piutang SAP. Dengan peran controller yang baik dan sistem penjualan kredit yang baik maka dapat diharapkan mengendalikan piutang perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran controller dan pelaksanaan sistem penjualan kredit serta pengaruhnya terhadap efektivitas pengendalian intern piutang pada SAP Group.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Untuk mengukur bersarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian parsial (uji t), nilai t hitung untuk variabel peran controller (X1) senilai -0.801 lebih besar dari t tabel senilai -2.052, maka dapat dikatakan variabel peran controller berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern piutang. Dan untuk nilai t hitung sistem pengendalian kredit (X2) sebesar 4.030 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2.050, maka dapat dikatakan sistem penjualan kredit berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern piutang. Selain itu, dalam pengujian simultan (uji F), nilai F hitung sebesar 8.369 lebih besar dari F tabel senilai 3.354, maka dapat disimpulkan bahwa variabel peran controller (X1) dan sistem penjualan kredit (X2) secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern piutang (Y).

Kata Kunci: peran controller, sistem penjualan kredit, efektivitas pengendalian intern piutang


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Debora R. Pangaribuan - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2016014
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2016).Pengaruh Peran Controller dan Sistem Penjualan Kredit Terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Piutang Pada SAP Group (Dibawah bimbingan: Ferry Kosadi, SE,M.Kom)..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd