Detail Cantuman

Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Pada PT. PINDAD (Persero) Divisi Tempa dan Cor

Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Pada PT. PINDAD (Persero) Divisi Tempa dan Cor


TRIA TRESNAWATI, Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Pada PT. PINDAD (Persero) Divisi Tempa dan Cor (Di bawah bimbingan: Hj. Devyanthi Sjarif, SE., M.Ak).
Dalam era globalisasi, perusahaan dituntut untuk dapat ikut serta dalam persaingan. Perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur harus bersiap-siap berhadapan dengan para pesaing agar perusahaan dapat tetap mempertahankan eksistensinya. Oleh karena itu, perusahaan perlu menerapkan suatu strategi bisnis agar mampu bersaing di era perdagangan bebas. Salah satu usaha yang dilakukan perusahaan agar tetap dapat bersaing adalah meningkatkan kualitas hasil produksinya. Peningkatan kualitas yang dilakukan perusahaan akan menjadi suatu keunggulan yang dimiliki oleh suatu produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan atau konsumen. Dalam rangka peningkatan kualitas, perusahaan harus mampu mengidentifikasikan biaya-biaya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas. Biaya-biaya tersebut dikategorikan sebagai biaya kualitas. dengan adanya peningkatan kualitas yang dilakukan perusahaan diharapkan dapat meniadakan produk cacat sehingga meningkatkan penjualan yang akhirnya dapat meningkatkan profit perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif asosiatif dengan pendekatan kausal. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan berasal dari dokumen berupa data laporan biaya kualitas dan data laporan laba rugi perusahaan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana, korelasi dan determinasi, kemudian pengujian atas hipotesis menggunakan metode uji-t dengan bantuan Software SPSS V22.0 for windows.
Berdasarkan penelitian ini, diperoleh persamaan regresi Y = -24,186 + 8,517X, koefisien korelasi diperoleh r = 0.792, koefisien determinasi diperoleh Kd = 62,7% dan untuk hipotesis thitung = 3,177 ≥ ttabel = 2,447, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian tersebut, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa biaya kualitas (variabel X) memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas (variabel Y).
Kata Kunci: Biaya Kualitas, Profitabilitas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Tria Tresnawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2016021
Subyek Akuntansi Biaya
Klasifikasi 657.42
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Biaya

Citation

. (2016).Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Pada PT. PINDAD (Persero) Divisi Tempa dan Cor.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd