Pengaruh Karakteristik Balanced ScoreCard Dan Komunikasi Strategi Terhadap Profitabilitas Pada Bank CIMB Niaga Cabang Purwakarta.
Tita Susanti Indraswari, Pengaruh Karakteristik Balanced ScoreCard dan Komunikasi Strategi Terhadap Profitabilitas Pada Bank CIMB Niaga cabang Purwakarta (Di bawah bimbingan : Hj. Devyanthi Sjarif, SE, M.AK).
Perkembangan dan persaingan perbankan konvensional semakin pesat dan ketat. Hal ini membuat Bank CIMB Niaga Cabang Purwakarta harus memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaing untuk memenangkan persaingan. Keunggulan kompetitif Bank CIMB Niaga Cabang Purwakarta akan tercapai dengan menerapkan sistem manajemen strategi yang tepat. Pada proses penetapan manajemen strategi Bank CIMB Niaga Cabang Purwakarta harus mampu merumuskan, mengimplentasikan, dan mengevaluasi strategi dengan baik. Evaluasi strategi yang tepat akan memberikan umpan balik bagi perusahaan untuk mengetahui posisi hasil kinerja perusahaan dalam mendapatkan profit perusahaan. Evaluasi kinerja yang hanya bertumpu pada aspek keuangan saja menjadi tidak relevan, karena tidak cukup mencerminkan kondisi kinerja perusahaan secara menyeluruh. Balanced Scorecard (BSC) merupakan sistem manajemen strategis yang menerjemahkan visi dan misi, serta strategi kedalam tujuan dan ukuran operasional yang kemudian dinyatakan kedalam perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Oleh karena itu BSC merupakan salah satu metode pengukuran kinerja yang lebih komprehensif, koheren, seimbang dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard di Bank CIMB Niaga Cabang Purwakarta. Untuk tujuan tersebut penelitian ini menggunakan data primer. Data diambil dari kuesioner yang diberikan kepada nasabah dan karyawan bank CIMB Niaga cabang Purwakarta. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah karakteristik Balanced Scorecard nonkeuangan meliputi perspektif pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan dan pembelajaran serta komunikasi strategi yang merupakan hubungan antara strategi perusahaan dan pengukuran kinerja. Sementara data sekunder didapat dari literatur baik berupa buku, jurnal, skripsi, data perusahaan, dan publikasi lainnya. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Microsof Excel dan SPSS Versi 22.0. Sementara untuk data kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Pengujian data dilakukan meliputi uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukan bahwa data tersebut telah bebas dari asumsi klasik. Dalam pengujian dengan analisis regresi, Uji statistik t menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan uji statistik f menunjukan variabel independen secara bersama sama berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, komunikasi Strategi, Profitabilitas
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Tita Susanti Indraswari - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESA2016023 |
Subyek |
Akuntansi Keuangan
|
Klasifikasi |
657 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2016 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2016).Pengaruh Karakteristik Balanced ScoreCard Dan Komunikasi Strategi Terhadap Profitabilitas Pada Bank CIMB Niaga Cabang Purwakarta..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd