Detail Cantuman

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 KOTA CIMAHI

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 KOTA CIMAHI


Era globalisasi menuntut kemajuan di segala bidang termasuk dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan merupakan satu-satunya lembaga formal untuk menjawab semua tantangan yang terjadi. Melalui tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional diharapkan akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kemajuan Negara Indonesia.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Kota Cimahi. Selain itu penelitian ini bertujuan pula untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Kota Cimahi.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Cimahi dengan responden sebanyak 84 orang Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 93 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan observasi langsung serta menggunakan metode analisis deskriptif verifikatif. Adapun untuk menguji hipotesis digunakan metode analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F pada tingkat α = 0,05 dengan bantuan program SPSS Versi 20 dan Microsoft Excel.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan gambaran bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah berada pada kategori baik, Motivasi Kerja Guru berada dalam kategori baik, serta Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Kota Cimahi berada dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 0,322 atau 32,20%, sementara variabel Motivasi Kerja Guru berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 0,796 atau 79,60%. Pengaruh secara simultan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru sebesar 0,704 atau 70,40% dan sisanya sebesar 0,296 atau 29,60% adalah variabel lain yang tidak diteliti.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Kota Cimahi.

Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab RAFIKA MAYASARI
Pengarang MAYASARI, RAFIKA - Personal Name
Edisi
No. Panggil ETM2017008
Subyek Manajemen Sumber Daya Manusia
Klasifikasi 658.3
Judul Seri
GMD Text
Bahasa
Penerbit
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2017).PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 KOTA CIMAHI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd