Detail Cantuman

PENGARUH RETURNON INVESTMENT (ROI) DAN INTERNET DISCLOSURE INDEX (IDI) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Studi kasus pada perusahaan manufaktur yang masuk dan bertahan dalam perhitungan indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011 sampai 2015)

PENGARUH RETURNON INVESTMENT (ROI) DAN INTERNET DISCLOSURE INDEX (IDI) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Studi kasus pada perusahaan manufaktur yang masuk dan bertahan dalam perhitungan indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011 sampai 2015)


ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh return on investment (ROI) dan internet diclosure index (IDI) terhadap harga saham perusahaan. Dalam penelitian ini return on investment (ROI) dihitung dengan menggunakan perbandingan laba bersih setelah pajak dengan total aset, internet disclosure index (IDI) dihitung dengan menggunakan jumlah nilai website yang diperoleh dibagi dengan total checklist kemudian dikalikan 100% dan harga saham dihitung dengan menggunakan trading volume activity (TVA).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear berganda dan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dan masuk dalam perhitungan index LQ45 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2015 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan dengan rentang waktu lima tahun sehingga diperoleh 30 observasi. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah return on investment (ROI) dan internet diclosure index (IDI) sebagai variabel independen serta harga saham perusahaan sebagai variabel dependen.

Berdasarkan hasil penelitian, return on investment (ROI) berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan dan internet diclosure index (IDI) tidak berpengaruh signifikan harga saham perusahaan. Peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya agar subjek penelitian berikutnya tidak terbatas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dan masuk dalam perhitungan index LQ45 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, namun dapat menggunakan perusahaan di sektor lainnya seperti sektor perbankan.

Kata kunci: return on investment (ROI), internet diclosure index (IDI), harga saham perusahaan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab NINA RAHMAWATI
Pengarang RAHMAWATI, NINA - Personal Name
Edisi
No. Panggil ETM2017006
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa
Penerbit
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit STIE INABA BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2017).PENGARUH RETURNON INVESTMENT (ROI) DAN INTERNET DISCLOSURE INDEX (IDI) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Studi kasus pada perusahaan manufaktur yang masuk dan bertahan dalam perhitungan indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011 sampai 2015).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd