Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage (DER), dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2017
IRA RAHMAYANTI DEWI, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2017. (di bawah bimbingan Deni Hamdani)
Perusahaan mempunyai tujuan jangka panjang yaitu memaksimumkan nilai perusahaan atau kekayaan bagi pemegang saham. Memaksimumkan nilai perusahaan dinilai lebih tepat sebagai tujuan suatu perusahaan sebab
memaksimumkan nilai sekarang dari semua keuntungan yang akan diterima oleh pemegang saham di masa yang akan datang. Nilai perusahaan tercermin dari harga saham yang stabil, yang dalam jangka panjang mengalami kenaikan, semakin tinggi harga saham maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Dalam upaya mewujudkan tujuan perusahaan tersebut perusahaan harus mencukupi kebutuhan dananya, agar dapat memaksimalkan kinerjanya. Kinerja yang baik dapat meningkatkan nilai perusahaan serta harga saham perusahaan, hal ini akan
mencerminkan kemakmuran para pemegang saham perusahaan.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif verifikatif, dengan jenis data sekunder dan teknik pengumpulan data di dapat melalui studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Analisis data untuk menjawab
rumusan masalah menggunakan: analisis deskriptif, analisis verifikatif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, analisis pengujian koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Besarnya korelasi antara ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 0,644, artinya terdapat korelasi positif yang kuat antara ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. (2) Leverage(DER) leverage yang diproksikan oleh DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Besaran korelasi antara leverage(DER) terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 0,646, artinya terdapat korelasi positif yang kuat antara leverage(DER) terhadap nilai perusahaan. (3) keputusan investasi keputusan investasi yang diproksikan oleh PER tidak memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan. Besaran korelasi antara keputusan investasi terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 0,154, artinya terdapat korelasi positif yang sangat rendah antara keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. (4) ukuran perusahaan, leverage dan keputusan investasi memberikan pengaruh secara simultan (bersama-sama) sebesar 58,7% terhadap nilai perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 41,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage (DER), Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Ira Rahmayanti Dewi - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESA2019003 |
Subyek |
Akuntansi
|
Klasifikasi |
657 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2019).Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage (DER), dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd