Detail Cantuman

Pengaruh Rasio Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Rumah Sakit Mitra Kasih Periode 2010-2017

Pengaruh Rasio Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Rumah Sakit Mitra Kasih Periode 2010-2017


FIRMAN PRAMADANI, Pengaruh Rasio Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Rumah Sakit Mitra kasih Periode 2010-2017. (Dibawah bimbingan : Hj. Erna Herlinawati)
Penilaian kinerja suatu perusahaan dapat dilihat antara lain dari kemampuannya mengelola likuiditas dan hutang untuk menghasilkan laba. Likuiditas yang terlalu rendah dapat mengganggu kegiatan operasional dan akan mengurangi tingkat profitabilitas. Sedangkan penggunaan hutang yang terlalu tinggi akan membebani perusahaan dan berdampak pada rendahnya profitabilitas. Salah satu yang dapat dilakukan dalam melihat kondisi tersebut yaitu dengan mengetahui bagaimana tingkat likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profitabilitas RS Mitra Kasih.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel digunakan Analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta pengujian hipotesis.
Hasil penelitian dan kesimpulan sebagai berikut : (1) Tingkat Profitabilitas (Net Profit Margin) pada Rumah Sakit Mitra Kasih periode 2010-2017 rata-rata sebesar 18,82%. (2) Tingkat Likuiditas (current ratio) pada Rumah Sakit Mitra Kasih periode 2010-2017 rata-rata sebesar 8,00%. (3) Tingkat Solvabilitas (Debt to Equity Ratio) pada Rumah Sakit Mitra Kasih periode 2010-2017 rata-rata sebesar 9,74%. (4) Besarnya pengaruh rasio likuiditas terhadap profitabilitas sebesar 10,11%, dengan hasil pengujian hipotesis tidak signifikan. (5) Besarnya pengaruh rasio solvabilitas terhadap profitabilitas sebesar 46,37%, dengan hasil pengujian hipotesis tidak signifikan. (6) Besar pengaruh rasio Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas sebesar 58,1%, dengan hasil pengujian hipotesis signifikan. Hal ini diperkuat dengan uji hipotesis yang menunjukan bahwa secara simultan likuiditas dan solvabilitas berpengaruh terhadap profitabilitas, tetapi secara parsial likuiditas dan solvabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas. Oleh karena itu, RS Mitra Kasih harus lebih memperhatikan pengelolaan hutang dan kas karena tingginya tingkat hutang akan menambah beban bunga perusahaan dan banyaknya kas menunjukkan banyak uang yang menganggur sehingga menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan laba. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menambah variabel lain yang mempengaruhi profitabilitas.

Kata kunci: Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Firman Pramadani - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2018118
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2018).Pengaruh Rasio Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Rumah Sakit Mitra Kasih Periode 2010-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd