Pengaruh Kelompok Acuan, Motivasi, dan Persepsi Terhadap Minat Beli Kosmetik Etude House di Bandung
SASKIA SARAH DIKA, Pengaruh Kelompok Acuan, Motivasi, dan Persepsi Terhadap Minat Beli Kosmetik Etude House di Bandung. (Dibawah Bimbingan: Siti Sarah).
Minat Beli merupakan salah satu faktor yang muncul karena katertarikan konsumen terhadap suatu produk, dan ada sebelum terjadinya transaksi pembelian. Hal yang dapat menimbulkan Minat Beli salah satunya yaitu adanya informasi mengenai produk, seperti informasi dari kelompok acuan dan adanya faktor psikologis konsumen seperti Motivasi dan Persepsi. Untuk membentuk Minat Beli, faktor Kelompok Acuan, Motivasi dan Persepsi dianggap penting pada kosmetik Etude House. Etude House menggunakan brand ambassador sebagai kelompok acuan untuk memotivasi terjadinya pembelian, dan persepsi yang cukup baik mengenai produk pada konsumen, namun gerai Etude House mengalami penurunan yaitu terjadinya penutupan gerai di beberapa tempat. Penelitian ini bertujuan untuk
untuk mengetahui Pengaruh Kelompok Acuan, Motivasi, dan Persepsi Terhadap Minat Beli.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah non-Probability sampling dengan metode purposive sampling
sebanyak 100 responden. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: Analisis deskriptif, Uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Minat Beli dinilai kurang baik oleh responden dengan skor 1.997. (2) Kelompok Acuan dinilai kurang baik oleh responden dengan skor 2.021. (3) Motivasi dinilai kurang baik oleh responden dengan skor 2.987. (4) Persepsi dinilai baik oleh responden dengan skor 2.968. (5) Kelompok Acuan tidak berpengaruh terhadap Minat Beli dengan nilai sebesar 39,3%. (6) Motivasi tidak berpengauh terhadap Minat Beli dengan nilai korelasi 36,5%. (7) Persepsi berpengaruh terhadap Minat Beli dengan nilai korelasi sebesar 56,5%. (8) Kelompok Acuan, Motivasi, dan Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sebesar 35,2%.
Kata Kunci: Kelompok Acuan, Motivasi, Persepsi, dan Minat Beli
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Saskia Sarah Dika - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2019020 |
Subyek |
Manajemen Sumber Daya Manusia
|
Klasifikasi |
658.3 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2019).Pengaruh Kelompok Acuan, Motivasi, dan Persepsi Terhadap Minat Beli Kosmetik Etude House di Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd