Detail Cantuman

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan pada Perusahaan Bakrie Group yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2016.

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan pada Perusahaan Bakrie Group yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2016.


DEWI ANJANI, “ Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan pada Perusahaan Bakrie Group yang Terdaftar di Bursa
Efek Indonesia Periode 2011-2016.”, (Dibawah bimbingan: Ferry Kosadi, S.E., M. Kom.).
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage secara parsial dan secara simultan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan pada perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Bakrie Group yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Objek dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage sebagai variabel independen dan tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR disclosure) dalam laporan tahunan sebagai variabel dependen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan untuk periode 2011-2016. Sampel pada penelitian ini berjumlah 10 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengujian statistik dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji-t dan pengaruh simultan diuji dengan menggunakan uji-F dua pihak dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa secara parsial, ukuran perusahaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan dan profitabilitas terbukti tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan pada perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Bakrie Group yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Sedangkan leverage terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial. Secara simultan, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terbukti berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan pada perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Bakrie Group yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Besarnya persentase tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial yang dapat dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage adalah sebesar 13,1%, sedangkan 86,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam model penelitian ini, seperti umur piutang, likuiditas, kepemilikan publik, dan jumlah dewan komisaris.
Kata kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Dewi Anjani - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2017097
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2017).Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan pada Perusahaan Bakrie Group yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2016..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd