Detail Cantuman

Pengaruh Kompetensi, Independensi, Objektivitas dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada 10 Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Pengaruh Kompetensi, Independensi, Objektivitas dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada 10 Kantor Akuntan Publik di Bandung)


KE PIPI PRANIKE, Pengaruh Kompetensi, Independensi, Objektivitas dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit.
(Di bawah bimbingan: Hj. Devyanthi Sjarif,S.E., M.Ak).

Profesi akuntan publik dianggap penting bagi para pengguna laporan keuangan dikarenakan fungsi dari profesi akuntan publik adalah untuk memberikan keyakinan yang memadai berkenaan dengan laporan keuangan yang disajikan oleh manajemen, melalui pendapat yang diberikan dalam laporan auditor. Untuk dapat mempertahankan kepercayaan dari klien dan dari para pemakai laporan keuangan lainnya, auditor dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai. Kompetensi berarti seorang auditor harus memiliki pengetahuan, keahlian, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugasnya. Independensi memiliki arti bahwa seorang akuntan publik harus jujur tidak hanya terhadap manajemen dan pemilik perusahaan, tetapi terhadap kreditur dan pihak lain yang dimana mereka meletakkan keyakinan pekerjaan mereka pada akuntan publik. Objektivitas mempengaruhi kualitas hasil kerja auditor. Dalam Kode Etik Akuntan Indonesia menyebutkan bahwa setiap anggota harus mempertahankan objektivitas dan bebas dari benturan kepentingan dalam pemenuhan kewajiban profesionalnya. Profesionalisme digunakan untuk mengukur bagaimana para profesional memandang profesi mereka yang tercermin melalui sikap dan perilaku mereka sebagai seorang auditor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. ). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan cara penyebaran kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengujian hipotesis (uji t), kompetensi dan profesionalisme mempunyai pengaruh terhadap kualitas audit. Adapun hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F), Kompetensi, Independensi, Objektivitas dan Profesionalisme secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kualitas audit.
Kata kunci: kompetensi, independensi, objektivitas, profesionalisme, kualitas audit


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ike Pipi Pranike - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2016086
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2016).Pengaruh Kompetensi, Independensi, Objektivitas dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada 10 Kantor Akuntan Publik di Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd