Pengaruh Online Maketing Dan Electronic Customer Relation Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Mataharimall.Com
RISA SORAYA WARDANI, “Pengaruh Online Marketing dan Electronic Customer Relation Management Terhadap Loyalitas Pelanggan di Mataharimall Com”. (Dibawah bimbingan: Dadan Abdul Azis Mubarok).
Meningkatnya interaksi individu satu sama lain dengan menggunakan teknologi digital, menjadikan dunia digital bukan hanya sekedar sebagai sarana komunikasi melainkan menjadi sarana perdagangan, yang dikenal sebagai Ecommerce. Indonesia merupakan pasar potensial bagi sektor ekonomi ini. Melihat perkembangan E-commerce yang terus meningkat di Indonesia sebagai salah satu pemain bisnis di bidang fashion di Indonesia, ikut terjun ke dunia bisnis online. Walaupun sudah mempunyai gerai yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia Matahari tetap bergabung dengan bisnis e-commrce. Hadir di tengah ketatnya persaingan sektor e-commerce, MatahariMall.com berhasil mampu membangkitkan dan meraih minat belanja online masyarakat Indonesia. Adanya kekurangan tersebut seolah menunjukan bahwa MatahariMall kurang memperhatikan para konsumennya, dalam bisnis Ecommerce seperti ini ECRM merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan, jika ingin konsumen loyal terhadap layanan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan Online Marketing dan Electronic Customer Relation Management dari MatahariMall.com terhadap loyalitas pelanggan. Dengan adanya data bahwa Matahari Department Store mengalami pertumbuhan negatif untuk penjualannya dan beberapa keluhan pelanggan mengenai E-commerce-nya disatu sisi mataharimall.com masih mempunyai banyak pelanggan.
Berdasarkan teknik pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini merupakan penilitian deskriptif verifikatif. Variabel dalam penelitian ini adalah dimensi Online Marketing (X1), Electronic Customer Relation Management (X2) dan Loyalitas Pelanggan (Y). Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Probability
sampling, jumlah sampel sebanyak 400 responden.
Berdasarkan hasil penelitian menurut responden untuk Online Marketing Mataharimall.com adalah 74.67% dapat dikategorikan baik, Electronic Customer Relation Management MatahariMall.com adalah 75.87% kategori baik dan Loyalitas pelanggan 73.57%. Berdasaarkan uji t hitung dan t tabel tidak ada pengaruh signifikan dari Online Marketing dan Electronic Customer Relation Management terhadap Loyalitas Pelanggan, namun berdasarkan pengujian hipotesi secara simultan (Uji F) menunjukan adanya pengaruh dan signifikansi antara Online Marketing dan Electronic Customer Relation Management terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai Fhitung (4.063)>Ftabel (3,01) serta nilai signifikansi 0,018<0,05
Kata Kunci : Online Marketing , Electronic Customer , Relation Management, Loyalitas Pelanggan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Risa Soraya Wardani - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2018110 |
Subyek |
Manajemen Pemasaran
|
Klasifikasi |
658.15 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2018).Pengaruh Online Maketing Dan Electronic Customer Relation Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Mataharimall.Com.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd