Detail Cantuman

Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA)(Studi pada PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk Periode 2010-2017)

Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA)(Studi pada PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk Periode 2010-2017)


KARLINA SEPTIANI, Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT.Indopoly Swakarsa Industry Tbk periode 2010-2017 ( Di bawah Bimbingan : Lenny Komala Dewi).
Profitabilitas sangat penting bagi perusahaan, profitabilitas digunakan sebagai tolak ukur berhasil atau tidak perusahaan mencapai profit yang maksimum. Profitabilitas yang tinggi akan dapat mendukung kegiatan operasional secara maksimal. Tinggi rendahnya profitabilitas dipengaruhi banyak faktor. Dalam hal
ini perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan menjadi sorotan utama untuk diteliti.
Pada PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk selama delapan periode dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2017 tingkat profitabilitasnya fluktuatif. Terjadi peningkatan dan penurunan yang tajam , seperti pada tahun 2011, 2014, 2015 dan 2017 yang menurun drastis, dan terjadi peningkatan di tiga tahun dalam periode tersebut.
Metode penelitian dalam skripsi ini adalah dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pendekatan deskriptif digunakan dalam menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang sudah terkumpul dalam bentuk tabel dan gambar. Selain itu penelitian ini juga melakukan pengujian hipotesis yang dibuat dengan menggunakan suatu perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS 24. Dimana data yang digunakan adalah data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan Return on Asset mengalami fluktuasi akan tetapi cenderung mengalami penurunan. Perputaran Kas tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Hal ini dikarenakan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (-0,1651< 1,859) dengan nilai signifikansinya lebih dari 0,05. Perputaran Piutang berpengaruh positif yang signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Hal ini dikarenakan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,844>1,859) dengan tingkat signifikansinya kurang dari 0,05. Perputaran Persediaan persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Hal ini dikarenakan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0,126<1,859) dengan tingkat signifikansinya lebih dari 0,05. Serta Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan secara bersama-sama (simultan) tidak memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT Indopoly Swkarsa Industry Tbk periode 2010-2017. Dikarenakan nilai Fhitung lebih kecil dari Ftabel (3,164<5,79) dan p-value (sig) lebih besar dari 0,05.
Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang,Perputaran Persediaan dan Return On Assets (ROA)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Karlina Septiani - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2018106
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658 15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA BANDUNG
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2018).Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA)(Studi pada PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk Periode 2010-2017).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd