Detail Cantuman

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kualitas Audit dan Komite Audit terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2016

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kualitas Audit dan Komite Audit terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2016


GUSTIANI KARTIKAWATI, Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kualitas Audit dan Komite Audit terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2016 (Dibawah bimbingan : Wajib Ginting, SE.,MBA.,MM.,MOS.,AK.,CA)
Pajak adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan sebagai warga negara yang baik, hal itu dikarenakan pajak merupakan sumber dana terbesar di negara ini untuk sarana berbagai pembangunan. Masih banyak Wajib Pajak yang mematuhi aturan-aturan dalam perpajakan karena mereka sadar, bahwa pajak yang mereka bayarkan juga suatu saat nanti bisa mereka rasakan hasilnya. Pajak bagi perusahaan merupakan beban yang akan mengurangi laba bersih sehingga perusahaan selalu menginginkan pembayaran pajak seminimal mungkin.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, kualitas audit dan komite audit terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatifdengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penelitian kepustakaan dengan populasi 144 perusahaan manufaktur. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 21 perusahaan yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f).Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian pada uji t, Profitabilitas, Leverage, Kualitas Audit dan Komite Audit secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidanc epada Perusahaan Manufaktur di BEI. Penilaian tersebut didapatkan dari t hitung untuk Profitabilitas sebesar -2,107 dan t hitung untuk Komite Audit sebesar -2,232 lebih kecil dibandingkan -t tabel sebesar -1,983. Selain itu, untuk t hitung Leverage sebesar 4,336 dan Kualitas Audit sebesar 4,179 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 1,983.
Berdasarkan hasil penelitian pada uji F, Profitabilitas, Leverage, Kualitas Audit dan Komite Audit secara bersama-sama berpengaruh terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Penilaian tersebut didapatkan dari F hitungsebesar 10,091lebih besar dari F tabel sebesar 2,46sehingga disimpulkan secara simultan berpengaruh signifikan.
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, kualitas Audit, Komite Audit, Tax


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Gustiani Kartikawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2018040
Subyek Akuntansi
Klasifikasi 657 45
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA BANDUNG
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi

Citation

. (2018).Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kualitas Audit dan Komite Audit terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2016.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd